PENGUJIAN DIVIDEND LIFE CYCLE THEORY DI INDONESIA (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015)


Tika Ayu Lestari , 7311413091 (2017) PENGUJIAN DIVIDEND LIFE CYCLE THEORY DI INDONESIA (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413091.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dividend life cycle theory menyatakan bahwa kebijakan dividen perusahaan cenderung dibagikan pada tahap mature, karena perusahaan yang berada dalam tahap siklus yang berbeda, memiliki karakteristik yang berbeda dalam ukuran kinerja finansialnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji retained earning to total equity (RETE) terhadap kebijakan dividen dalam tahap siklus hidup yang berbeda pada perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Siklus hidup perusahaan terdiri dari empat tahap: Start-up, growth, mature dan decline. Penelitian ini menggunakan analisis regresi respon kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini. Sampel digunakan sebanyak 92 perusahaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan retained earning to total equity (RETE) terhadap kebijakan dividen pada tahap mature, sedangkan pada tahap start-up, growth, dan decline, retained earning to total equity (RETE) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan Manufaktur di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015 cenderung membayarkan dividen pada tahap mature. Simpulan dari penelitian ini adalah perusahaan Manufaktur menerapkan dividend life cycle theory dalam kebijakan dividen mereka. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah: Bagi Investor penelitian ini bermanfaat sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan pengambilan keputusan investasi yang tepat. Bagi perusahaan Manufaktur perlu mempertimbangkan risiko yang terjadi karena adanya penambahan pembayaran dividen dalam kebijakan dividen mereka.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Siklus Hidup Perusahaan, Kebijakan Dividen, Retained Earning to Total Equity
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 13:59
Last Modified: 26 Jun 2019 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30653

Actions (login required)

View Item View Item