PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017


Nurul Oktasari , 7101413333 (2017) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413333.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi di Kota Semarang salah satunya adalah semakin meningkatnya angka pengangguran pada lulusan SMK. Hasil pra survei diperoleh data penelusuran alumni beberapa SMK di Kota Semarang yang menunjukkan bahwa SMK Negeri 2 Semarang memiliki jumlah wirausaha terendah selain itu jumlah alumni yang berwirausaha dalam 3 tahun terakhir mengalami penurunan. Penelitian ini termasuk penelitian kausal asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Semarang tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 428 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diberikan kepada sampel penelitian sebanyak 82 siswa untuk semua jurusan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri, dan Lingkungan Keluarga secara bersama sama berpengaruh positif terhadap Minat Berwirausaha siswa SMK Negeri 2 Semarang tahun ajaran 2016/2017 ditunjukkan dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung (19,615) yaitu lebih besar dari Ftabel (2,72) dan Adjusted R Square sebesar 0,408 (40,8%). 2) Pendidikan Kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap Minat Berwirausaha siswa SMK Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2016/2017 ditunjukkan dengan nilai signifikasi sebesar 0,385 > 0,05 dan nilai thitung (0,874) yaitu lebih kecil dari ttabel (1,66) dan r-square sebesar 9,9%. 3) Efikasi Diri berpengaruh positif terhadap Minat Berwirausaha siswa SMK Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2016/2017 ditunjukkan dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung (4,359) yaitu lebih besar dari ttabel (1,66) dan r-square sebesar 44,3%. 4) Lingkungan Keluarga berpengaruh positif terhadap Minat Berwirausaha siswa SMK Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2016/2017 ditunjukkan dengan nilai signifikasi sebesar 0,041 < 0,05 dan nilai thitung (2,074) yaitu lebih besar dari ttabel (1,66) dan r-square sebesar 22,9%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendidikan kewirausahaan yang diterapkan di SMK Negeri 2 Semarang belum mampu menumbuhkan minat berwirausaha siswa pada tahun ajaran 2016/2017. Minat berwirausaha siswa dipengaruhi oleh faktor lain yaitu efikasi diri dan lingkungan keluarga. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian yaitu sekolah sebaiknya meningkatkan kualitas dalam penerapan pendidikan kewirausahaan baik secara materi maupun praktik. One of the problems within Semarang city is the increasing of unemployment in vocational school graduates. Pre survey results obtained the tracking data of alumni from some vocational schools within Semarang city which indicates that SMK Negeri 2 Semarang has the lowest number of entrepreneurs. In addition the number of graduates who do entrepreneurship in the last three years is decline. This research is causal associative research.The population of this study was students of XI class in SMK Negeri 2 Semarang in the academic year of 2016/2017 as many as 428 students. The data collection method in this research was questionnaire which given to the research sample of 82 students from all of departments. The research result indicates that 1) Entrepreneurship education, self efficacy, and family environment have the same positive effects on students’entrepreneurship interest of SMK Negeri 2 Semarang in the academic year of 2016/2017. It is indicated by the significance score as much as 0,000 < 0,05 and the Fcount score is (19,615) which is bigger than Ftable ( 2,72 ) and adjusted R square as much as 0,408 ( 40.8 % ). 2) Entrepreneurship education does not affect students’entrepreneurship interest of SMK Negeri 2 Semarang in the academic year of 2016/2017, it is indicated by the significance score as much as 0,385 > 0,05. Than the Fcount score is 0,874 which is smaller than ttabel (1,66) and rsquare for 9,9%. 3) Self efficacy gives positive influence on students’ entrepreneurship interest of SMK Negeri 2 Semarang in the academic year of 2016/2017 which indicated by the significance score of 0,000 < 0,05 and tcount score is 4,359 which is bigger than table (1,66) and r-square of 44,3%. 4 ) Family environment also gives positive influence on students’entrepreneurship interest of SMK Negeri 2 Semarang in the academic year of 2016/2017. It is indicated by the significance score of 0,041 < 0,05 and tcount score is 2,074 which is bigger than ttable (1,66) and r-square by 22,9%. The conclusion of this research is entrepreneurship education applied in SMK Negeri 2 Semarang has not been able to grow students’ entrepreneurship interest in the academic year of 2016/2017. The students’ entrepreneurship interest is influenced by other factors such as the self efficacy and family environment. The schools should improve the quality of entrepreneurship education in its content and practices.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Berwirausaha, Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga. Entrepreneurship Interest, Entrepreneurship Education, Self Efficacy, Family Environment.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 05 Apr 2018 18:44
Last Modified: 05 Apr 2018 18:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30620

Actions (login required)

View Item View Item