PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET 3D BERBAHAN FLANEL UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS V MI
Khaerunnisa Azizatur R , 2303412057 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET 3D BERBAHAN FLANEL UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS V MI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (601kB) | Preview |
Abstract
Banyak siswa kurang antusias dalam pembelajaran bahasa Arab dikarenakan masih banyak guru yang belum memanfaatkan media dalam pembelajaran khususnya keterampilan menulis. Hal inilah yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menerima materi yang diajarkan oleh guru, sehingga hasil belajar kurang maksimal. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa booklet 3D berbahan flanel untuk menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa serta meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab siswa. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana kebutuhan guru dan siswa terhadap media booklet 3D berbahan flanel untuk keterampilan menulis bahasa Arab kelas V MI? 2) bagaimana prototipe booklet 3D berbahan flanel untuk pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab kelas V MI? 3) bagaimana validasi ahli dan guru terhadap produk media booklet flanel untuk keterampilan menulis bahasa Arab kelas V MI? 4) bagaimana efektivitas media booklet 3D berbahan flanel untuk keterampilan menulis bahasa Arab di kelas V MI Negeri Pecabean Kabupaten Tegal? Desain penelitian ini adalah desain Research and Development (RnD). Tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap tujuh, yaitu revisi produk. Alasan peneliti hanya melakukan penelitian sampai tahap tujuh karena banyaknya hal yang sudah dipertimbangkan, diantaranya dari segi waktu, tenaga dan biaya sehingga peneliti merasa tidak mampu dan tidak yakin bisa menyelesaikan penelitian hingga tahap sepuluh. Hasil penelitian ini adalah guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan media booklet 3D berbahan flanel untuk pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab kelas V MI yang terdiri dari empat tema. Hasil uji hipotesis diterima dengan rincian hasil uji hipotesis pihak kanan yang dihasilkan dari nilai siswa mengerjakan soal tes menunjukkan t hitung 16,606 dan hasil penilaian siswa melalui observasi menunjukkan t hitung 23,881. Semuanya jatuh di daerah penerimaan Ha dan Ho ditolak. Sehingga produk baru lebih efektif dari produk lama.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Booklet 3D Berbahan Flanel, Keterampilan Menulis |
Subjects: | L Education > Special Education > Language and literature education P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | Indah Tri Pujiati |
Date Deposited: | 05 Apr 2018 10:37 |
Last Modified: | 05 Apr 2018 10:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30610 |
Actions (login required)
View Item |