PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERBASIS PENDEKATAN 4P (PERSON, PRESS, PROCESS, DAN PRODUCT) UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MA/SMA


Laeli Nur Fauziyah , 2303412033 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BERBASIS PENDEKATAN 4P (PERSON, PRESS, PROCESS, DAN PRODUCT) UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS XI MA/SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303412033.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (623kB) | Preview

Abstract

UU RI No. 20 tahun 2003 menegaskan bahwa selain memberi seperangkat pengetahuan kognitif, pendidikan juga bertujuan untuk mengembangkan potensi kreativitas siswa. Namun pertumbuhan kreativitas siswa justru terhambat. Seperti dijumpai dari hasil observasi pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab di kota Purwokerto, siswa tidak mampu menuangkan ide ke dalam tulisan. Nilai tes menulis siswa lebih rendah daripada tes mendengarkan, berbicara, maupun membaca. Ketiadaan ide serta perasaan takut salah, dicemooh, dan dianggap paling bodoh sebab menulis sesuatu yang tidak sesuai dengan kaidah disepakati guru sebagai alasan kesulitan menulis siswa. Baik guru, media pembelajaran, alat evaluasi, maupun bahan ajar menjadi penyebab kesulitan menulis siswa. Namun bahan ajar dianggap sebagai penyebab utama, sebab dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan satu buku teks pelajaran saja sebagai acuan belajar siswa. Buku teks pelajaran yang terkesan kaku dan otoriter, di mana lebih mengedapankan sajian evaluasi daripada praktis ilmu membuat siswa kurang berminat memprakasai diri sendiri untuk belajar.. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui analisis kebutuhan guru dan siswa, (2) mengetahui prototipe, (3) mengetahui validasi ahli dan guru, dan (4) mengetahui hasil uji coba buku pengayaan berbasis pendekatan 4P (Person, Press, Process, and Product) dengan kelas uji coba yakni kelas XI Agama 2 MAN 2 Purwokerto. Penelitian dengan desain research and development memperoleh data menggunakan teknik tes dan nontes. Alat pengambilan data tes berupa soal tes, sedangkan alat nontes yang digunakan berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan buku pengayaan yang terintegrasi nilai nilai pengembangan kreativitas 4P (person, press, process, dan product) untuk keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas XI MA/SMA. Penilaian guru dan ahli serta tanggapan siswa mununjukkan hasil sangat bagus pada aspek isi, penyajian, bahasa dan keterbacaan, dan grafika buku. Hasil uji coba menyatakan bahwa hasil uji hipotesis diterima, dengan rincian hasil uji hipotesis pihak kanan yang dihasilkan dari nilai siswa mengerjakan soal tes menunjukkan t-hitung 26,7 dan hasil penilaian siswa melalui angket menunjukkan t-hitung 25,85. Semuanya jatuh di daerah penerimaan Ha, sehingga Ha diterima. Adapun t tabel 1,701 jatuh pada daerah penerimaan Ho, sehingga dapat disimpulkan pembelajaran keterampilan menulis menggunakan tambahan buku pengayaan lebih efektif dari pada hanya dengan buku teks pelajaran saja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Pengayaan, Pendekatan 4P (Person, Press, Process, and Product), Keterampilan Menulis Bahasa Arab.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 05 Apr 2018 10:31
Last Modified: 05 Apr 2018 10:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30608

Actions (login required)

View Item View Item