PENGEMBANGAN STOP MOTION VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA ARABPADA SISWA KELAS XIMA


Ratna Aulia , 2303412010 (2017) PENGEMBANGAN STOP MOTION VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA ARABPADA SISWA KELAS XIMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303412010.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (520kB) | Preview

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik oleh guru menyebabkan para siswa kurang antusias dalam belajar bahasa Arab, khususnya pada keterampilan menulis yang sering dianggap sulit. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan Stop Motion Video sebagai media pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap Stop Motion Video sebagai media pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab kelas XI MA? 2) bagaimana prototipe Stop Motion Video sebagai media pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab kelas XI MA? 3) bagaimana validasi ahli dan gru bahasa Arab terhadap Stop Motion Video sebagai media pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab kelas XI MA? 4) bagaimana hasil uji cooba Stop Motion Video sebagai media pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab kelas XI MA? Penelitian ini menggunakan desain research and development (R&D). Tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap enam, yaitu uji coba produk pada kelompok terbatas. Hasil penelitian ini adalah guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan Stop Motion Video sebagai media pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab kelas XI MA. Hasil uji hipotesis diterima, dengan rincian hasil uji hipotesis pihak kanan yang dihasilkan dari nilai siswa mengerjakan soal tes menunjukkan t hitung 54,23 dan hasil penilaian siswa melalui observasi menunjukkan t hitung 21,35. Semua jatuh di daerah penerimaan Ha, dan Ho ditolak. Hasil analisis SWOT juga menunjukkan bahwa kelebihan yang dimiliki produk baru lebih banyak dibandingkan dengan produk lama, dan kelemahan produk baru lebih sedikit dari produk lama. Sehingga produk baru lebih efektif dari produk lama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Stop Motion Video, Keterampilan Menulis
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 05 Apr 2018 10:25
Last Modified: 05 Apr 2018 10:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30606

Actions (login required)

View Item View Item