PENGARUH DIMENSI FRAUD DIAMOND TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK SISWA KELAS X DAN XI SMK MASEHI PSAK AMBARAWA TAHUN 2017


Feri Yanto , 7101413319 (2017) PENGARUH DIMENSI FRAUD DIAMOND TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK SISWA KELAS X DAN XI SMK MASEHI PSAK AMBARAWA TAHUN 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413319.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (756kB) | Preview

Abstract

Perilaku kecurangan akademik adalah perilaku yang menyimpang dalam bidang akademik untuk mencapai tujuan tertentu di bidang akademik dengan menggunakan berbagai cara yang melanggar aturan akademik yang berlaku di lembaga pendidikan maupun dengan etika yang berlaku didalam akademik.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari tekanan akademik , kesempatan berbuat curang, rasionalisasi berbuat curang dan kemampuan individu berbuat curang terhadap perilaku kecurangan akademik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMK Masehi PSAK Ambarawa . Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 99 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan 1) perilaku kecurangan akademik termasuk pada kategori sedang, (2) tekanan akademik pada kategori tinggi, 3) kesempatan berbuat curang pada kategori sedang, (4) rasionalisasi pada kategori sedang, (5) kemampuan berbuat curang pada kategori sedang, (6) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari tekanan akademik , kesempatan berbuat curang, rasionalisasi berbuat curang dan kemampuan individu berbuat curang terhadap perilaku kecurangan akademik sebesar 53,6%, (7) terdapat pengaruh tekanan akademik terhadap perilaku kecurangan akademik, (8) terdapat pengaruh kesempatan berbuat curang terhadap perilaku kecurangan akademik, (9) terdapat pengaruh rasionalisasi berbuat curang terhadap perilaku kecurangan akademik, (10) terdapat pengaruh kemampaun berbuat curang terhadap perilaku kecurangan akademik. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan apabila keempat unsur pada fraud diamond semakin tinggi maka perilaku kecurangan akademik akan semakin tinggi. Saran yang dapat diberikan yaitu siswa harus belajar secara teratur agar dapat memahami materi, orang tua jangan membuat anaknya merasa tertekan dan membimbning anaknya untuk belajar, guru harus mengontrol persaingan dan membantu siswa jika kesulitan memahami materi. Academic fraud behavior is a deviant behavior in the academic field to achieve certain objectives in the academic field by using various ways that violate academic rules applicable in educational institutions and with ethics applicable in academic. . This study aims to determine the effect of academic pressure, the opportunity to cheat, cheating rationalization and capacity of people cheating on academic cheating behavior. The population of this research are students of class X and XI SMK AD SFAS Ambarawa. The sampling method used was saturated sampling with a total sample of 99 students. Data collection technique used is using questionnaire. Data analysis technique used is descriptive analysis percentage and simple linear regression analysis. The results showed 1) the behavior of academic cheating included in the category, (2) academic pressures in the high category, 3) the opportunity to cheat in the medium category, (4) rationalization of the medium category, (5) the ability to cheat in the medium category, ( 6) there is a positive and significant impact of academic pressure, the opportunity to cheat, cheating rationalization and capacity of people cheating on academic cheating behavior amounted to 53.6%, (7) there is the influence of academic pressure on academic cheating behavior, (8) there are significant the opportunity to cheat on the behavior of academic cheating, (9) there is the influence of rationalization of cheating on the behavior of academic cheating, (10) there is the effect of cheating to cheating academic cheating behavior. Based on the above results, it can be concluded if the four elements of the diamond fraud the higher the academic cheating behavior will be higher. Advice can be given that students must study regularly in order to understand the material, the parents do not make her feel depressed and membimbning children to learn, the teacher must control competition and help students if trouble understanding the material.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Kecurangan Akademik, Fraud Diamond, Tekanan, Kesempatan, Rasionalisasi, Kemampuan Academic Cheating Behaviors, Fraud Diamond, Pressure, Opportunity, Rationalization, Capability
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 04 Apr 2018 12:40
Last Modified: 04 Apr 2018 12:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30601

Actions (login required)

View Item View Item