PENGEMBANGAN BUKU BERBAHASA ARAB BERBASIS DONGENG ANAK UNTUK SISWA MADRASAH TSANAWIYAH


Novi Laelatul Izzah , 2303411021 (2017) PENGEMBANGAN BUKU BERBAHASA ARAB BERBASIS DONGENG ANAK UNTUK SISWA MADRASAH TSANAWIYAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303411021.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (686kB) | Preview

Abstract

Minat baca bahasa Arab pada siswa di sekolah masih sangat rendah, siswa cenderung memilih membaca buku yang menggunakan bahasa Indonesia. Selain masih banyak siswa yang kurang lancar dalam membaca dan memahami bacaan berbahasa Arab juga masih langkanya buku-buku bacaan yang menggunakan bahasa Arab selain materi pembelajaran yang terdapat di sekolah. Maka, perlu adanya pengembangan-pengembangan buku berbahasa Arab yang dapat menumbuhkan minat baca siswa terhadap bahasa Arab, dapat diupayakan adanya buku berbahasa Arab berbasis dongeng anak untuk membantu siswa lebih gemar membaca khususnya membaca buku berbahasa Arab yang sekaligus dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Arab siswa. Selain itu buku berbahasa Arab berbasis dongeng anak ini juga dapat melestarikan kebudayaan Indonesia dan menguatkan karakter siswa. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui kebutuhan siswa, guru dan pegawai perpustakaan terhadap Pengembangan buku berbahasa Arab berbasis dongeng anak untuk siswa Madrasah Tsanawiyahh 2) Mengetahui gambaran prototipe Pengembangan buku berbahasa Arab berbasis dongeng anak untuk siswa Madrasah Tsanawiyahh 3) Mengetahui validitas ahli dan guru terhadap produk Pengembangan buku berbahasa Arab berbasis dongeng anak untuk siswa Madrasah Tsanawiyahh 4) Mengetahui kepuasan siswa Pengembangan buku berbahasa Arab berbasis dongeng anak untuk siswa Madrasah Tsanawiyahh. Desain penelitian ini adalah research and development. Data penelitian ini diperoleh melalui non tes, yaitu berupa observasi terhadap siswa, angket kebutuhan siswa, guru dan pegawai perpustakaan, angket uji validitas ahli, agket kepuasan terhadap produk dan wawancara. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil analisis kebutuhan guru, pegawai perpustakaan dan siswa terhadap buku menunjukkan bahwa guru, pegawai perpustakaan dan siswa menghendaki buku bacaan yang berbahasa Arab, berjenis dongeng, banyak cerita dalam satu buku, diawali kosakata dan memiliki ikhtisar khikmah di akhir cerita. Hasil angket kepuasan siswa MTsN 1 Kota Magelang terhadap buku berbahasa arab berbasis dongeng anak untuk siswa Madrasah Tsanawiyah menunjukan skor 4 (sangat baik) dengan prosentase 83,8%

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat baca, Bahasa Arab, Dongeng
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 03 Apr 2018 17:33
Last Modified: 03 Apr 2018 17:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30599

Actions (login required)

View Item View Item