“ASMAL Animation Stop Motion Arabic Language” Bagi Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Bahasa Arab Kelas 2 SD di Semarang


Ervan Edho Pradipta , 2303410033 (2017) “ASMAL Animation Stop Motion Arabic Language” Bagi Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Bahasa Arab Kelas 2 SD di Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303410033.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terdapat pada siswa kelas 2 SD yaitu karena minimnya inovasi terhadap media pembelajaran khususnya media pembelajaran membaca bahasa Arab. Dengan ini peneliti menawarkan solusi dari masalah tersebut dengan mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi bahasa Arab bernama ASMAL untuk meningkatkan keterampilan membaca. Tujuan dari penelitian ini 1) Mendeskripsikan dan menghasilkan kebutuhan siswa dan guru terhadap media keterampilan membaca bahasa Arab. 2) Mendeskripsikan perkembangan siswa dan guru setelah menggunakan media “Animation stop motion Arabic language”. 3) Mendeskripsikan hasil validasi atau uji ahli terhadap media “Animation stop motion Arabic language”. 4) Mendeskripsikan respon siswa dan guru terhadap media “Animation stop motion Arabic language”. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D). Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi, angket kebutuhan guru, angket kebutuhan siswa, dan angket penilaian guru, dosen, ahli bahasa, dan ahli media. Kesimpulan penelitian ini adalah guru dan siswa membutuhkan media pembelajaran berbentuk video animasi memuat percakapan tertulis, animasi dan evaluasi, tema yang dipilih mayoritas guru dan siswa adalah ُ ﺔَﻴِ ﻟﺘﱠﺤ َﺍ (sapaan), bahasa yang digunakan sebagai pengantar dalam media ini adalah Indonesia.Media pembelajaran ASMAL ini diproses menggunakan aplikasi Ulead Video Studio 11 dan Corel Draw X6. Media ini disajikan dengan mudah menggunakan Microsoft Power Point 2010. Media ini terdiri atas cover halaman, depan kompetensi dasar, doa belajar, menu utama, video animasi, evaluasi. Materi disajikan dalam bentuk video animasi yang menarik. Penilaian para ahli, dosen pembimbing, dan guru terhadap media ASMAL diketahui bahwa media ASMAL sudah baik dan sangat sesuai, dilihat dari beberapa aspek materi keterampilan membaca bahasa Arab yaitu aspek kelayakan isi, aspek kelayakan penyajian, aspek kelayakan bahasa. Adapun penilaian aspek tampilan media yaitu aspek perangkat lunak, aspek komunikasi, aspek audio, aspek visual, aspek tayangan video.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ASMAL, Keterampilan membaca nyaring Bahasa Arab
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
P Language and Literature > PM Hyperborean, Indian, and Artificial languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 02 Apr 2018 18:06
Last Modified: 02 Apr 2018 18:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30597

Actions (login required)

View Item View Item