PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI KEJURUAN, PENGUASAAN SOFT SKILL, MINAT KERJA, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP TINGKAT KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK PGRI 1 SEMARANG


Nana Eny Maspuatin , 7101413317 (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI KEJURUAN, PENGUASAAN SOFT SKILL, MINAT KERJA, DAN EFIKASI DIRI TERHADAP TINGKAT KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK PGRI 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413317.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesiapan kerja merupakan kondisi yang membuat seseorang memiliki kesiapan untuk melakukan pekerjaan sesuai bidang keahlian pada lingkungan kerja tertentu sehingga dapat memberikan hasil memuaskan. Kesiapan kerja dapat ditingkatkan dengan memperhatikan beberapa faktor antara lain kompetensi kejuruan, penguasaan soft skill, minat kerja, dan efikasi diri. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kejuruan, penguasaan soft skill, minat kerja, dan efikasi diri terhadap kesiapan kerja. Sampel penelitian ini seluruh siswa kelas XI Administrasi Perkantoran berjumlah 101 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS for Windows Release 21, uji asumsi klasik dan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Persepsi siswa tentang kompetensi kejuruan, penguasaan soft skill, minat kerja, dan efikasi diri secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 54,3%. 2) Persepsi siswa tentang kompetensi kejuruan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 4,75%. 3) Penguasaan soft skill berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 9,42%. 4) Minat Keja berpengarhuh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 7,50%. 5) Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 4,12%. Simpulan dari penelitian ini yaitu: semakin tinggi tingkat persepsi siswa tentang kompetensi kejuruan, penguasaan soft skill, minat kerja dan efikasi diri, maka semakin tinggi tingkat kesiapan kerja siswa. Saran penelitian ini yaitu guru bimbingan konseling diharapkan dapat memfasilitasi peserta didik dengan sistem bimbingan kelompok untuk mengontrol perkembangan siswa, guru diharapkan dapat memberikan variasi dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik atas materi pelajaran yang diberikan untuk meningkatkan pemahaman siswa, dan guru beserta tenaga kependidikan lebih tegas dalam menagakkan sanksi untuk meningkatkan ketertiban siswa. Work readiness is a condition that makes a person has the readiness to do a job according to the field of expertise in a certain work environment so that can give satisfactory results. Work readiness can be improved by taking into account several factors such as vocational competence, soft skill capability, work interest, and self efficacy. The purpose of this study is to examine the influence of students perceptions on vocational competence, soft skill capability, work interests, and self efficacy of work readiness. The sample of this research all students of XI grade office administration amounted to 101. Data collection methods using questionnaires and documentation. The technique of data analysis used multiple regressions with SPSS for windows release 21, classic assumtion test and descriptive analysis percentage. The results showed that 1) students perceptions on vocational competence, soft skill capability, work interest, and self efficacy have positive and significance simultaneously of students work readiness in 54,3%. 2) Student perception on vocational competence has positive significance of students work readiness in 4,75%. 3) Soft skill capability has positive significance of students work readiness in 9,42%. 4) Work interest has positive significance of students work readiness in 7.50%. 5) Self efficacy has a positive significance of students work readiness in 4.12%. The conclusions of this research is the higher of students perception about vocational competency, soft skill capability, work interests and self-efficacy, the higher students level of work readiness. This research suggestion that counseling guidance is expected to facilitate learners with group guidance system to control the development of students, teacher is expected to give variation in teaching and learning activity and practice of subject matter which is given to improve students understanding, teacher and educator more firm in enforcing sanctions to improve student order.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan kerja merupakan kondisi yang membuat seseorang memiliki kesiapan untuk melakukan pekerjaan sesuai bidang keahlian pada lingkungan kerja tertentu sehingga dapat memberikan hasil memuaskan. Kesiapan kerja dapat ditingkatkan dengan memperhatikan beberapa faktor antara lain kompetensi kejuruan, penguasaan soft skill, minat kerja, dan efikasi diri. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kejuruan, penguasaan soft skill, minat kerja, dan efikasi diri terhadap kesiapan kerja. Sampel penelitian ini seluruh siswa kelas XI Administrasi Perkantoran berjumlah 101 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS for Windows Release 21, uji asumsi klasik dan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Persepsi siswa tentang kompetensi kejuruan, penguasaan soft skill, minat kerja, dan efikasi diri secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 54,3%. 2) Persepsi siswa tentang kompetensi kejuruan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 4,75%. 3) Penguasaan soft skill berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa sebesar 9,42%. 4) Minat Keja berpengarhuh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 7,50%. 5) Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 4,12%. Simpulan dari penelitian ini yaitu: semakin tinggi tingkat persepsi siswa tentang kompetensi kejuruan, penguasaan soft skill, minat kerja dan efikasi diri, maka semakin tinggi tingkat kesiapan kerja siswa. Saran penelitian ini yaitu guru bimbingan konseling diharapkan dapat memfasilitasi peserta didik dengan sistem bimbingan kelompok untuk mengontrol perkembangan siswa, guru diharapkan dapat memberikan variasi dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik atas materi pelajaran yang diberikan untuk meningkatkan pemahaman siswa, dan guru beserta tenaga kependidikan lebih tegas dalam menagakkan sanksi untuk meningkatkan ketertiban siswa. Work readiness is a condition that makes a person has the readiness to do a job according to the field of expertise in a certain work environment so that can give satisfactory results. Work readiness can be improved by taking into account several factors such as vocational competence, soft skill capability, work interest, and self efficacy. The purpose of this study is to examine the influence of students perceptions on vocational competence, soft skill capability, work interests, and self efficacy of work readiness. The sample of this research all students of XI grade office administration amounted to 101. Data collection methods using questionnaires and documentation. The technique of data analysis used multiple regressions with SPSS for windows release 21, classic assumtion test and descriptive analysis percentage. The results showed that 1) students perceptions on vocational competence, soft skill capability, work interest, and self efficacy have positive and significance simultaneously of students work readiness in 54,3%. 2) Student perception on vocational competence has positive significance of students work readiness in 4,75%. 3) Soft skill capability has positive significance of students work readiness in 9,42%. 4) Work interest has positive significance of students work readiness in 7.50%. 5) Self efficacy has a positive significance of students work readiness in 4.12%. The conclusions of this research is the higher of students perception about vocational competency, soft skill capability, work interests and self-efficacy, the higher students level of work readiness. This research suggestion that counseling guidance is expected to facilitate learners with group guidance system to control the development of students, teacher is expected to give variation in teaching and learning activity and practice of subject matter which is given to improve students understanding, teacher and educator more firm in enforcing sanctions to improve student order.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 02 Apr 2018 14:25
Last Modified: 02 Apr 2018 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30596

Actions (login required)

View Item View Item