PENGARUH KOMPENSASI, GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, SUPERVISI PENDIDIKAN, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU DI SMK PALEBON SEMARANG


Reni Triastuti , 7101413311 (2017) PENGARUH KOMPENSASI, GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, SUPERVISI PENDIDIKAN, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU DI SMK PALEBON SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413311.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa kepuasan kerja guru di SMK Palebon Semarang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara simultan maupun parsial antara kompensasi, gaya kepemimpinan kepala sekolah, supervisi pendidikan, dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja guru di SMK Palebon Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di SMK Palebon Semarang kecuali kepala sekolah yang sekaligus dijadikan sebagai sampel penelitian. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kepuasan kerja (Y) sedangkan variabel independennya meliputi kompensasi (X1), gaya kepemimpinan kepala sekolah (X2), supervisi pendidikan (X3), dan budaya organisasi. Metode pengumpulan data dengan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan kompensasi, gaya kepemimpinan kepala sekolah, supervisi pendidikan, dan budaya organisasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja sebesar 62,7%. Secara parsial pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja sebesar 9,42%, gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja sebesar 12,04%, supervisi pendidikan terhadap kepuasan kerja sebesar 11,63%, dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja sebesar 12,18% Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kompensasi, gaya kepemimpinan kepala sekolah, supervisi pendidikan, dan budaya organisasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja baik secara simultan maupun parsial. Saran untuk guru sebaiknya lebih terbuka dengan pihak sekolah sehingga apabila terdapat masalah bisa diselesaikan dengan baik. Pihak sekolah dan yayasan hendaknya meningkatkan budaya organisasi yang harus disesuaikan dengan perkembangan zaman. Kepala sekolah hendaknya lebih meningkatkan sikap peka terhadap guru dengan cara lebih mendekatkan diri dengan guru. Pihak yayasan atau sekolah hendaknya meningkatkan kualitas supervisi pendidikan yang ada di sekolah dengan cara memberikan penilaian yang jujur dan terbuka. Pihak yayasan hendaknya memperbaiki tingkat kompensasi yang ada dengan memberikan kesempatan yang sama bagi semua guru dalam hal promosi jabatan, pengakuan yang sama bagi semua guru. Based on the results of the early observation showed that the job satisfaction a teacher in SMK Palebon Semarang has not been fully met. The purpose of this research is to find out if there is a simultaneous influence as well as partial compensation, leadership styles between principals, educational supervision, and organizational culture towards job satisfaction a teacher in SMK Palebon Semarang. The population in this research all teachers at SMK Palebon Semarang except the headmaster as well as serve as a sample of the research. The dependent variable in this study is the job satisfaction (Y) while its independent variables include compensation (X1), principal leadership style (X2), education supervision (X3), and organizational culture (X4). Method of collecting data by questionnaire, interview and documentation. Data analysis technique used is a descriptive analysis of percentage and multiple regression analysis. The results of the research show that simultaneous compensation, principal leadership style, educational supervision, and organizational culture influence on job satisfaction of 62.7%. Partially compensated against influence job satisfaction of 9.42%, principal leadership style against the job satisfaction of 12.04%, educational supervision against 11.63% of job satisfaction, and organizational culture towards job satisfaction of 12.18% Based on the results of the research, it can be concluded that compensation, the headmaster's leadership style, educational supervision, and organizational culture affect job satisfaction either simultaneously or partial. Advice for teachers should be more open with the school so if there is a problem can be solved by either. The school and the Foundation should improve the Organization's culture must be adapted to the times. The principal should further improve the attitude of teachers in a manner sensitive to the more closer with the teacher. Party school or Foundation should improve the quality of existing educational supervision in school by giving an honest and open assessment. Parties should fix the Foundation of existing compensation levels by providing equal opportunity for all teachers in terms of promotion of the Office, the same recognition for all teachers.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Kerja, Kompensasi, Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Pendidikan, Budaya Organisasi Job Satisfaction, Compensation, Principals Leadership, Educational Supervision, Organizational Culture.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 02 Apr 2018 13:22
Last Modified: 02 Apr 2018 13:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30594

Actions (login required)

View Item View Item