PERAN PERSEPSI KESEJAHTERAAN GURU DALAM MEMODERASI HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Rizqi Khoirul Hikmah , 7101413305 (2017) PERAN PERSEPSI KESEJAHTERAAN GURU DALAM MEMODERASI HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG PROFESI GURU DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413305.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (776kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal pada 108 mahasiswa Pendidikan Akuntansi hasilnya menunjukkan bahwa minat menjadi guru cukup tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bukti empiris dan menganalisis peran persepsi kesejahteraan guru dalam memoderasi pengaruh persepsi tentang profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013. Jumlah sampel sebanyak 128 mahasiswa yang diambil menggunakan rumus Slovin. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan pengujian uji asumsi klasik tidak ditemukan gejala pengganggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung variabel persepsi tentang profesi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru dan variabel persepsi kesejahteraan guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru. Akan tetapi, variabel lingkungan keluarga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat menjadi guru. Sedangkan hasil penelitian setelah adanya variabel moderating persepsi kesejahteraan guru dengan menggunakan MRA menunjukkan hasil bahwa persepsi kesejahteraan guru memoderasi (memperlemah) hubungan variabel persepsi tentang profesi guru terhadap minat menjadi guru, sementara itu juga persepsi kesejahteraan guru juga ix memoderasi (memperkuat) hubungan variabel lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh negatif terhadap minat menjadi guru dan persepsi kesejahteraan guru memoderasi (memperkuat) hubungan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru. Penelitian selanjutnya diharapkan agar menambah ruang lingkup penelitian dengan variabel lain diluar variabel yang diteliti, sehingga bisa didapatkan secara lebih luas tentang hal-hal apa saja yang mempengaruhi minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Based on the initial observation on 108 Student Education Accounting results show that interest is high enough to become a teacher. The purpose of this research is to know the empirical evidence and analyze the role of perceptions of welfare of teachers in moderating relationship perceptions about the teaching profession and family environment against the interest of becoming a teacher. The population of this research is a Student of Economic Faculty of Accounting Education Semarang State University 2013 Force. The number of samples as much as 128 students taken using the formula Slovin. Sampling in this research using simple random sampling. Data collection method using question form. While data analysis method used is descriptive analysis and Moderated Regression Analysis (MRA). Based on a classic assumption test not found symptoms of bullies. The results showed that directly variable perceptions about the positive effect the teaching profession and interest significantly to become a teacher and teacher perception of welfare variable positive and significant effect against the interest of becoming a teacher. However, the environment variable is negative and significant, influential family against the interest of becoming a teacher. While the results of the study after the moderating variable perception of the welfare teacher using the MRA shows results that the perception about the teaching profession against the interest to become a teacher, while it is also a welfare teacher x perception is also moderate (strengthen) relationship family environment against the interest of becoming a teacher. Based on the results of the research, it can be concluded that the family environment effect negatively to interest became a teacher and a welfare teacher perceptions moderate the (strengthened) relationship family environment against the interest of becoming a teacher. It is expected that further adds to the research scope of research with other variable outside of the variable examined, so that can be obtained more broadly about what affects the interest to become a teacher on Student Education Accounting Economic Faculty of State University of Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kesejahteraan Guru, Persepsi tentang Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Minat menjadi Guru Perceptions of the Welfare of Teachers, Perceptions about the Teaching Profession, Family Environment, Interest to Become Teacher
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 02 Apr 2018 11:53
Last Modified: 02 Apr 2018 11:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30593

Actions (login required)

View Item View Item