PENGARUH PRAKERIN (PRAKTIK KERJA INDUSTRI) DAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA DENGAN MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Siswa Kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Semarang)


Ajeng Pradini, 7101413295 (2017) PENGARUH PRAKERIN (PRAKTIK KERJA INDUSTRI) DAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA DENGAN MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Siswa Kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413295.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (414kB) | Preview

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengutamakan penyiapan siswa untuk memasuki dunia kerja. Namun pada kenyataannya dalam mempersiapkan lulusan, SMK diyakini masih belum optimal. Masih banyak siswa yang belum memahami prosedur apabila ingin mencari dan mendaftar pekerjaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh prakerin, informasi dunia kerja, dan motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja secara langsung dan secara tidak langsung yang dimediasi oleh motivasi memasuki dunia kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Semarang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh, dengan jumlah responden sebanyak 106 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan deskripsi persentase, regresi berganda secara parsial, dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa prakerin berpengaruh terhadap motivasi memasuki dunia kerja (0.047<0.05), informasi dunia kerja berpengaruh terhadap motivasi memasuki dunia kerja (0.000<0.05), prakerin berpengaruh terhadap kesiapan kerja (0.033<0.05), informasi dunia kerja berpengaruh terhadap kesiapan kerja (0.000<0.05), dan motivasi memasuki dunia kerja berpengaruh terhadap kesiapan kerja (0.013<0.05). Motivasi memasuki dunia kerja memediasi hubungan prakerin terhadap kesiapan kerja (0.197>0.161) dan motivasi memasuki dunia kerja memediasi hubungan informasi dunia kerja terhadap kesiapan kerja (0.372>0.325). Simpulan dari penelitian ini bahwa secara parsial prakerin dan informasi dunia kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi memasuki dunia kerja. Secara parsial, prakerin, informasi dunia kerja dan motivasi memasuki dunia kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja. Motivasi memasuki dunia kerja mampu memediasi hubungan prakerin dan informasi dunia kerja terhadap kesiapan kerja. Saran dari penelitian ini yaitu hendaknya siswa terus mengasah pekerjaan yang diperintahkan instruktur lapangan serta aktif mencari informasi dunia kerja pada saat prakerin. Kemudian sekolah hendaknya mengadakan program bimbingan untuk mempersiapkan siswa bekerja setelah lulus sehingga siswa lebih termotivasi dan siap untuk menghadapi dunia kerja. The priority of Vocational High School (SMK) is to prepare students to start to work. In fact, Vocational High School is considered to be less optimal in preparing the graduates. There are so many students who do not understand the procedure of seeking and applying a job. The objectives of this study was to find out the influence of field industrial work practices, career information, motivation to get a job and work readiness directly and indirectly which were mediated by the motivation to get a job. The population of this study was the whole of 12th grade students of Office Administration major of SMK 2 Semarang. Then it was obtained 106 respondents through saturated sampling technique. The data was collected using questionnaires. The data was then analyzed using percentage description, partially multiple regression, and path analysis. The results of this study showed that field industrial work practices influenced the motivation to get a job (0.047<0.05), the career information influenced the motivation to get a job (0.000<0.05), field industrial work practices influenced the work readiness (0.033<0.05), the career information influenced the work readiness (0.000<0.05), and the motivation to get a job influenced the work readiness (0.013<0.05). The motivation to get a job mediated the relationship between field industrial work practices to the work readiness (0.197>0.161) and the motivation to get a job mediated the relationship between the career information to the work readiness (0.372>0.325). Therefore, it can be drawn a conclusion that partially field industrial work practices and the career information give positive and significant impacts towards the motivation to get a job and the work readiness. The Motivation to get a job is able to mediate the relationship between field industrial work practices and the career information towards the work readiness. Suggestions from this research that students should continue to hone the work instructed field instructors and actively seeking information on the world of work at prakerin. Then the school should hold a guidance program to prepare students for work after graduation so that students are more motivated and ready to face the world of work.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prakerin (Praktik Kerja Industri), Informasi Dunia Kerja, Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Kesiapan Kerja. Field Industrial Work Practices, Career Information, Motivation to Get a job and Work Readiness.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 28 Mar 2018 17:29
Last Modified: 28 Mar 2018 17:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30592

Actions (login required)

View Item View Item