KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI PERISTIWA BERBANTUAN MEDIA RAINBOWCARD PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 KUDUS
Fifi Lia Rumita, 2601413060 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI PERISTIWA BERBANTUAN MEDIA RAINBOWCARD PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (476kB) | Preview |
Abstract
Menulis teks narasi peristiwa merupakan pengembangan kompetensi dasar pada Kurikulum 2013 yang harus diajarkan kepada siswa. Kenyataannya keterampilan siswa dalam menulis teks narasi peristiwa masih rendah. Hal ini dialami oleh siswa kelas VII SMP N 2 Kudus. Siswa merasa kesulitan dalam menulis teks narasi peristiwa yang disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya ialah mengenai model pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu, perlu adanya suatu model pembelajaran yang tepat dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis teks narasi peristiwa antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang berbantuan media Rainbowcard dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvesional, serta mendeskripsikan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang berbantuan media Rainbowcard efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks narasi peristiwa pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kudus. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desain quasi experimental design yaitu Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan bantuan media Rainbowcard. Adapun variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis teks narasi peristiwa siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kudus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan kondisi akhir antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam pembelajaran menulis teks narasi peristiwa. Kemampuan siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas kontrol. Selain itu, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang berbantuan media Rainbowcard lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks narasi peristiwa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada umumnya. Berdasarkan hasil penelitian, guru mata pelajaran bahasa Jawa hendaknya menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang berbantuan media Rainbowcard untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks narasi peristiwa, karena model pembelajaran ini sudah diuji efektivitasnya. Nulis wacan narasi ngenani kadadean mujudake pengembangan kompetensi dhasar ing Kurikulum 2013 kang kudu diajarake marang siswa. Nyatane kaprigelane siswa nulis wacan narasi kasebut isih kurang. Kahanan iki uga dialami dening siswa kelas VII SMP N 2 Kudus. Siswa kangelan kanthi jalaran werna-werna. Salah sijine amarga modhel piwulangan kang digunakake. Mula, dibutuhake modhel piwulangan kang trep lan efektif. Panaliten iki migunakake metodhe eksperimen lan dhesain quasi experimental design yaiku nonequivalent control group design. Varibel bebase panaliten iki yaiku modhel piwulangan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) kang dibiyantu medhia Rainbowcard, dene varibel terikate yaiku kawasisan nulis wacan narasi ngenani kadadean siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kudus. Asil panaliten iki yaiku ana bedane kawasisane siswa nulis wacan narasi ngenani kadadean antarane kelas eksperimen sing nganggo modhel piwulangan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) lan medhia Rainbowcard karo kelas kontrol sing nganggo piwulangan konvensional. Panaliten iki uga nuduhake kawasisane siswa kelas eksperimen luwih dhuwur tinimbang siswa kelas kontrol. saliyane iku, modhel piwulangan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) kang dibiyantu medhia Rainbowcard luwih efektif digunakake ing piwulangan nulis wacan narasi tinimbang piwulangan konvensional. Adhedhasar asile panaliten iki, guru basa Jawa prayogane migunakake modhel piwulangan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) kang dibiyantu medhia Rainbowcard supaya bisa ningkatake kaprigelane siswa nulis wacan narasi ngenani kadadean, amarga modhel piwulangan iki wis kauji efektivitase.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran CIRC, menulis teks narasi peristiwa, media Rainbowcard, Model Piwulangan CIRC, nulis wacan narasi kadadean, medhia Rainbowcard |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > Special Education > Language and literature education P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 28 Mar 2018 16:11 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 17:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30583 |
Actions (login required)
View Item |