PENGGUNAAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MENGIKUTI LAYANAN INFORMASI BELAJAR DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG
Andina Anggraeni , 1301405046 (2010) PENGGUNAAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MENGIKUTI LAYANAN INFORMASI BELAJAR DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGGUNAAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MENGIKUTI LAYANAN INFORMASI BELAJAR DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG )
- Published Version
Download (572kB) | Preview |
Abstract
Motivasi merupakan suatu hal yang cukup penting dalam mempengaruhi kegiatan yang dilakukan oleh seseorang. Motivasi mengawali terjadinya perubahan energi pada diri setiap individu manusia. Pelaksanaan layanan informasi belajar membutuhkan motivasi yang timbul dari dalam diri siswa. Fenomena yang terjadi adalah masih banyak siswa yang kurang memiliki motivasi mengikuti layanan informasi belajar. Hal tersebut terlihat dari banyaknya siswa yang tidak memperhatikan saat guru pembimbing menyampaikan materi karena dianggap tidak penting, jika tidak diberi pertanyaan mengenai meteri yang disampaikan dalam layanan informasi, siswa cenderung pasif, siswa lebih senang berbicara dengan teman yang lain, melamun, atau melakukan kegiatan lain. Penelitian ini menggunakan media film untuk meningkatkan motivasi siswa mengikuti layanan informasi belajar. Permasalahan yang muncul pada penelitian ini adalah ” Bagaimana motivasi siswa dalam menyikapi layanan informasi belajar sebelum menggunakan media film, serta Apakah media film dapat meningkatkan motivasi siswa mengikuti layanan informasi belajar dalam pelayanan bimbingan dan konseling di SMP N 1 Semarang ”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik proportional random sampling. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre-test and post-test design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis motivasi. Hasil penelitian dianalisis melalui analisis uji t-test. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan motivasi siswa mengikuti layanan informasi belajar setelah mendapat perlakuan berupa pemberian layanan informasi belajar dengan menggunakan media film. Hasil uji t-test menunjukkan = 14,90 = 1,99. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media film dapat meningkatkan motivasi siswa mengikuti layanan informasi belajar dalam pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMP N 1 Semarang karena adanya perbedaan peningkatan motivasi yang sangat signifikan yang ditunjukkan dengan adanya perubahan sikap siswa antara sebelum dengan sesudah mendapat perlakuan. Oleh karena itu, guru pembimbing hendaknya dapat menggunakan media film dalam pelaksanaan layanan informasi belajar agar siswa lebih tertarik dan memiliki motivasi serta dapat lebih memahami pesan dari materi yang disampaikan melalui layanan informasi belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Film, Motivasi Mengikuti Layanan Informasi Belajar dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 01 Aug 2011 01:23 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3058 |
Actions (login required)
View Item |