PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN PROFESI GURU DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU (Studi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013)


Try Chasanah , 7101413276 (2017) PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN PROFESI GURU DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU (Studi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Univeritas Negeri Semarang merupakan perguruan tinggi negeri yang menyiapkan dan mencetak pendidik muda yang berkualitas dan profesional. Hasil observasi awal kesiapan menjadi guru pada mahasiswa pendidikan akuntansi Fakultas Ekonomi Unnes angkatan 2013 menunjukkan hasil yang masih belum optimal. Tujuan penelitian ingin mengetahui pengaruh persepsi pendidikan profesi guru dan praktik pengalaman lapangan terhadap kesiapan menjadi guru secara parsial maupun simultan. Populasi penelitian mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2013 yang berjumlah 188 mahasiswa dan sampel berjumlah 128 mahasiswa rumus dengan cara undian perhitungan Slovin yang diambil menggunakan teknik proportional random sampling. Variabel penelitian meliputi variabel terikat yaitu kesiapan menjadi guru (Y), dan variabel bebas yaitu persepsi Pendidikan Profesi Guru (X1) dan Praktik Pengalaman Lapangan (X2). Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa kesiapan menjadi guru dalam kriteria sangat tinggi, persepsi PPG dalam kriteria baik, dan praktik pengalaman lapangan dalam kriteria tinggi. Secara parsial terdapat pengaruh persepsi PPG terhadap kesiapan menjadi guru (12,18%), terdapat pengaruh PPL terhadap kesiapan menjadi guru (27,78%). Sedangkan secara simultan terdapat pengaruh persepsi PPG dan PPL terhadap kesiapan menjadi guru (40,7%). Simpulan dari penelitian ini bahwa secara parsial persepsi PPG berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru, praktik pengalaman lapangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru. Sedangkan secara simultan persepsi PPG dan PPL secara bersama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru. Saran yang dapat diberikan yaitu mahasiswa meningkatkan dan melatih diri dengan aspekaspek yang ada dalam kepribadian seorang guru, dan memanfaatkan kegiatan praktik pengalaman dengan sebaik-baiknya. Semarang State University is the university which prepare and produce a quality young educators and professionals. The results of the initial observation of the readiness becoming teachers on student of accounting education 2013 Faculty of Economics Unnes show the results are still not optimal. The purpose of is to know the influence of perception about professional education of teacher and teaching internship on readiness become teachers partially or simultaneously. Population in this research is student of accounting education in the generation of 2013 which amounted to 188 students and the sample amounted to 128 students by the calculations of Slovin taken using propotional random sampling technique. The variables in this study include dependent variable that is readiness become a teacher (Y), and independent variables are perceptions of Professional Education of Teacher and Teaching Internship. Data collection methods are using questionnaires. Methods of data analysis used are descriptive and regretion. The results of descriptive analysis that readiness become a teacher in very high criteria, perception on professional education of teacher in good criteria, and teaching internship in high criteria. Partially, there is influence of perception about PPG on the readiness become a teacher (12,18%), there is teaching internship to the readiness become a teacher (27.78%). While simultaneously, influence perceptions of PPG and teaching internship on the readiness become a teacher (40,7%) Based on the results of the research, it can be concluded that perception on professional education of teacher is positive and significant influence to the readiness of become a teacher. Suggestion to students are expected to develop knowledge and seek information related to the teacher profession to improve and train themselves with the inner aspects in the teacher personality, and make use of the teaching internship as well as possible.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Pendidikan Profesi Guru, Praktik Pengalaman Lapangan, Kesiapan Menjadi Guru. Perception on Professional Education of Teacher, Teaching Internship, Readiness Become Teachers
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 27 Mar 2018 15:31
Last Modified: 27 Mar 2018 15:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30568

Actions (login required)

View Item View Item