EFEKTIVITAS PERMAINAN BINGO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA HANZI PINYIN BAHASA MANDARIN KELAS V PADA MATERI CHUNJIE HE XINNIAN SD ISLAM PROGRAM KHUSUS MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN


Rani Oktaviani Sari, 2404413009 (2017) EFEKTIVITAS PERMAINAN BINGO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA HANZI PINYIN BAHASA MANDARIN KELAS V PADA MATERI CHUNJIE HE XINNIAN SD ISLAM PROGRAM KHUSUS MUHAMMADIYAH DELANGGU KLATEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2404413009.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (497kB) | Preview

Abstract

Bagi siswa sekolah dasar , bahasa Mandarin sangat sulit karena kurangnya penguasaan kosakata yang dimiliki siswa dan pembelajaran di sekolah yang masih menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan yaitu dengan menggunakan permainan Bingo. Bingo adalah permainan yang menggunakan kartu bingo sebagai medianya, dimana kartu tersebut berisi kotak-kotak berjumlah sembilan atau lebih dengan jumlah kotak horisontal dan vertikal masing-masing sama. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan permainan Bingo dalam pembelajaran bahasa Mandarin di SD IPK Muhammadiyah Delanggu, 2) Untuk mengetahui efektivitas permainan bingo sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Mandarin siswa. Penelitian ini adalah pre-experimental design dengan one-group pretestpostestdesign. Populasi adalah seluruh siswa kelas V. Pemilihan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan untuk mengetahui reliabilitasnya menggunakan KR 20. Metode yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Analisis data perhitungan t.test. Berdasarkan hasil dari perhitungan menggunakan t.test diperoleh thitung sebesar 10,399 menunjukkan angka yang lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel (db=21) dengan taraf signifikan 5% adalah 1,721. Oleh karena thitung> ttabel yaitu 10,339 > 1,721 , maka Ho ditolak, Ha diterima dengan kesimpulan bahwa permainan Bingo dinyatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kosakata hanzi pinyin bahasa Mandarin kelas V pada materi chunjie he xinnian SD IPK Muhammadiyah Delanggu Klaten. Berdasarkan kesimpulan diatas, permainan Bingo ini efektif dijadikan alternatif sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Mandarin sehingga penulis memberikan saran kepada guru agar lebih sering menggunakan permainan Bingo dalam proses mengajar untuk meningkatkan penguasaan kosakata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permainan Bingo, kosakata hanzi pinyin bahasa Mandarin
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2018 15:08
Last Modified: 04 Apr 2019 17:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30563

Actions (login required)

View Item View Item