PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN GURU BAHASA MANDARIN TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DI SMA KOTA SEMARANG


Yayang Salupi, 2404413004 (2017) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN GURU BAHASA MANDARIN TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DI SMA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2404413004.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (482kB) | Preview

Abstract

Latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar guru dinilai dapat mempengaruhi proses pembelajaran di kelas. Latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar yang berbeda akan memberikan dampak yang berbeda terhadap kompetensi pedagogik. SMA Nusaputera dan SMA Kebon Dalem merupakan sekolah yang memiliki guru bahasa Mandarin dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar guru bahasa Mandarin di SMA Nusaputera dan SMA Kebon Dalem kelas XI serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, guru bahasa Mandarin SMA Nusaputera kelas XI merupakan lulusan S1 non kependidikan universitas di China dan memiliki pengalaman mengajar selama 4 tahun. SMA Kebon Dalem memiliki guru bahasa Mandarin lulusan S1 non kependidikan universitas di Indonesia dengan pengalaman mengajar ≥12 tahun dan guru bahasa mandarin lulusan S1 kependidikan universitas di Indonesia dengan pengalaman mengajar selama 1 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan guru bahasa Mandarin tidak berhubungan secara signifikan terhadap proses pembelajaran bahasa Mandarin. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data dimana rxy = -0,981 dan harga r kritis product moment untuk α = 5% dan N = 3 adalah 0,997. Sedangkan, pengalaman mengajar guru bahasa Mandarin berhubungan secara signifikan terhadap proses pembelajaran bahasa Mandarin. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data dimana rxy = 1 dan harga r kritis product moment untuk α = 5% dan N = 3 adalah 0,997.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengaruh latar belakang pendidikan, proses pembelajaran, Mandarin
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2018 15:03
Last Modified: 04 Apr 2019 14:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30562

Actions (login required)

View Item View Item