PERKEMBANGAN BENTUK TOPENG BARONGAN BLORA DALAM RITUAL MURWAKALA SEBAGAI SUMBER IDE BERKARYA SENI LUKIS: Sarana Estetik Pengenalan Budaya Daerah pada Generasi Muda


Mardina Rahayu , 2401413020 (2017) PERKEMBANGAN BENTUK TOPENG BARONGAN BLORA DALAM RITUAL MURWAKALA SEBAGAI SUMBER IDE BERKARYA SENI LUKIS: Sarana Estetik Pengenalan Budaya Daerah pada Generasi Muda. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2401413020.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (551kB) | Preview

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan konsep, tema, proses, teknik, dan bentuk dari lukisan realistik yang bertema perkembangan topeng Barongan Blora dalam ritual Murwakala, yang salahsatunya bersumber dari penelitian tesis mahasiswa pascasarjana UNNES yang bernama Fivin Bagus Septia P. Metode yang digunakan dalam penciptaan karya seni lukis ini adalah, metode meniru objek, mengkomposisi, dan memvisualisasi. Hasil pembahasan dan penciptaan kreatif karya seni lukis ini dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Konsep penciptaan karya seni lukis ini berisi tentang berbagai bentuk karakter topeng Barongan Blora dari tahun ke tahun dalam beberapa periode terakhir. (2) Tema yang dihadirkan dalam karya seni lukis ini adalah perkembangan bentuk-bentuk topeng Barongan Blora dalam ritual Murwakala. (3) Proses Penciptaan Karya Seni Lukis melalui tahapan-tahapan sebagai berikut, Pengumpulan Sumber Data yang meliputi Studi Pustaka dan Wawancara, Pengumpulan Gambar Acuan, Menyiapkan Media Melukis, Berkarya Seni Lukis , dan Pengemasan.(4) Karya seni lukis ini diciptakan dengan media cat akrilik diatas kanvas, dengan teknik plakat menggunakan kuas dan piso palet. (5) Bentuk karya disajikan sejumlah duabelas karya dengan ukuran sama rata, masing-masing 60 cm x 60 cm lengkap dengan figura. Karya Seni Lukis ini difungsikan untuk mengkomunikas ikan segala perkembanagan bentuk topeng Barongan yang ada dalam ritual Murwakala dengan tujuan agar masyarakat dapat mengetahui perubahan bentuk topeng Barongan Blora dari beberapa periode terakhir ini sampai sekarang. Selain itu proyek studi ini dapat dijadikan dokumentasi oleh pemkab Blora sebagai bentuk wujud konservasi budaya melalui karya seni khususnya seni lukis, karena dokumentasi foto atau sejenisnya sulit didapatkan dan kualitas yang ada kurang maksimal. Serta sebagai salahsatu upaya pelestarian budaya daerah setempat dalam rangka konservasi budaya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Seni Lukis, Barongan, Ritual Murwakala
Subjects: L Education > Special Education > Art education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2018 14:45
Last Modified: 02 Apr 2019 19:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30560

Actions (login required)

View Item View Item