PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013)
Suryo Adi Prakoso , 7101413274 (2017) PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (739kB) | Preview |
Abstract
Perilaku konsumtif adalah perilaku seseorang yang tidak lagi berdasarkan pada pertimbangan yang rasional, melainkan kecenderungan matrealistik. Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan perilaku konsumtif pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013 tergolong tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan teknologi informasi, kelompok teman sebaya dan status sosial ekonomi orangtua terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013, baik secara simultan maupun parsial Populasi dalam penelitian ini mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013 yang berjumlah 440 mahasiswa, dengan sampel penelitian 81 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi Y= 1,525+0,791X1+0,471X2+0,073X3. Pemanfaatan teknologi informasi, kelompok teman sebaya dan status sosial ekonomi orangtua secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013 dengan kontribusi 61,7%, secara parsial pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap perilaku konsumtif sebesar 35,28%. Kelompok teman sebaya berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa sebesar 12,11%, dan status sosial ekonomi orangtua tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, terdapat pengaruh pemanfaatan teknologi informasi, kelompok teman sebaya dan status sosial ekonomi orangtua terhadap perilaku konusmtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2013 secara simultan. Secara parsial hanya status sosial ekonomi orangtua yang tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini bagi mahasiswa, untuk lebih mengontrol diri untuk tidak berperilaku konsumtif, sehingga mahasiswa dalam membelanjakan uangnya lebih mempertimbangkan prioritas kebutuhan bukan hanya keinginan. The consumptive behavior is a behavior in purchasing that is based on the desire that has been reaching irrational considerations instead of rational thinking The results of preliminary observations show consumtive behavior to the students of Economics Education, Universitas Negeri Semarang in the academic year of 2013 is high. This study aims to describe the influence of the utilization of information technology, peer groups and parents’ socio-economic status on consumptive behavior of students of Eonomics Education, both simultaneously or partially. The population of this study was 440 Economics Education students batch 2013 in Universitas Negeri Semarang, with a sample of 81 students. This study used a quantitative approach using quiestionnaires as the data collection method. The methods of analysis used in this research are descriptive statistics analysis and multiple linear regression analysis. The result of this study is the regression equation Y= 1,525+0,791X1+0,471X2+0,073X3. The utilization of information technology, peer group and parents’ socio-economic status simultanously affect students’ consumptive behavior with a contribution of 61,7%. Partially, the utilization of information technology contributes 35,28% and peer groups affects 12,11%, however the socio-economic status of students’ parents does not affect student’s consumptive behavior. Based on the research, it can be concluded that utilization of information technology, peer group and socio economic status of parents simultaneously affect student’s consumptive behavior. Partially, the socio-economic status of parents is the only factor which has no effect on students' consumptive behavior. The consumptive behavior should be minimized as soon as possible by planting strong moral values to the teenagers and also motivating them to have a responsibility in finance management. Parents should also play their important role in teaching their children to be a wise shopper so that they can select things that they really need to buy. At last, the most important thing is self control for not being consumptive. When one has a strong life principle, he will not be affected by the consumptive lifestyle around him.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kelompok Teman Sebaya, Status Sosial Ekonomi Orangtua, Perilaku Konsumtif. Utilization of Information Technology, Peer Group, Parents’ Socio-Economic Status, Consumptive Behavior. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 27 Mar 2018 15:25 |
Last Modified: | 27 Mar 2018 15:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30559 |
Actions (login required)
View Item |