ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG DALAM MENENTUKAN MEDIA PEMBELAJARAN KETIKA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
Eva Meitha Pangestika , 2302413062 (2017) ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG DALAM MENENTUKAN MEDIA PEMBELAJARAN KETIKA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (598kB) | Preview |
Abstract
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan atau isi pelajaran, merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses pembelajaran. Oleh karena itu, Sebagai seorang guru diharapkan terampil dalam menentukan media pembelajaran, begitu pula mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang Unnes yang berperan sebagai guru dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan. Namun, berdasarkan studi pendahuluan dengan menggunakan angket yang disebarkan kepada mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang angkatan tahun 2011 (5 orang) , 2012( 36 orang), 2013 (42 orang), mahasiswa tersebut masih mengalami kesulitan dalam menentukan media pembelajaran seperti powerpoint, e ka-do, jitsubutsu dan sebagainya. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui kesulitan, faktor penyebab serta solusi dalam mengatasi kesulitan dalam menentukan media pembelajaran ketika PPL. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang unnes angkatan tahun 2013 berjumlah 52 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket serta hasil data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif prosentase. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui rata-rata perolehan prosentase jawaban dari indikator kesulitan yaitu 37%. Hal tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang angkatan tahun 2013 tidak mengalami kesulitan dalam menentukan media pembelajaran ketika melaksanakan PPL. Hal itu dikarenakann hampir seluruh mahasiswa telah melakukan beberapa solusi dalam mengatasi kesulitan menentukan media pembelajaran. Solusi tersebut diantaranya mahasiswa telah berkonsultasi dengan guru pamong, telah menyesuaikan media dengan materi pelajaran dan lain sebagainya. Meskipun mahasiswa tidak mengalami kesulitan dalam menentukan media pembelajaran ketika PPL, namun terdapat 2 hal yang perlu diperhatikan yaitu Kualitas teknis gambar pada suatu media agar sesuai dengan yang dimaksud. Selain itu, kondisi motivasi siswa perlu dipertimbangkan ketika menentukan media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan, PPL, Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > Special Education > Language and literature education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Indah Tri Pujiati |
Date Deposited: | 27 Mar 2018 10:19 |
Last Modified: | 27 Mar 2018 10:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30557 |
Actions (login required)
View Item |