Pengaruh Persepsi Mahasiswa Mengenai Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang UNNES


Nurlita Septia Ningrum , 2302413051 (2017) Pengaruh Persepsi Mahasiswa Mengenai Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302413051.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (609kB) | Preview

Abstract

Minat menjadi guru adalah kemauan, ketertarikan dan perhatian seseorang terhadap profesi guru. Minat menjadi guru ini bisa timbul dikarenakan ada respon positif, pengalaman dan keberadaan profesi guru yang dipandang dari persepsi pribadi dari setiap individu. Berdasarkan respon positif ini akan memunculkan rasa senang sehingga akan timbul ketertarikan terhadap suatu objek, dalam hal ini profesi guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan utuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa mengenai profesi guru dan untuk mengetahui adakah pengaruh persepsi mengenai profesi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang. Sampel penelitian ini adalah 52 mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang angkatan 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket. Hasil data yang diperoleh dianalisis dengan pendekatan deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi mahasiswa mengenai profesi guru termasuk dalam kategori tinggi yaitu 63,2%. Hal ini menujukkan bahwa lebih dari sebagian mahasiswa pendidikan bahasa Jepang UNNES memiliki pandangan yang baik terhadap profesi guru. Selain itu juga diketahui bahwa terdapat pengaruh positif antara persepsi mahasiswa mengenai profesi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa pendidikan bahasa Jepang UNNES dengan koefisien korelasi yang bernilai 0,497 dan koefisien determinasi sebesar 25%, dan persamaan garis regresi diketahui dengan persamaan Y = 3,92 + 0,11X yang berarti jika persepsi mengenai profesi guru (X) meningkat satu satuan maka minat menjadi guru (Y) akan meningkat 0,11 satuan. Hal ini sesuai dengan hasil uji hipotesis dimana apabila ߩ lebih besar dari nilai ߙ atau ߙ� ൐ ߩ maka ܪ݋ diterima. Minat; Persepsi; Profesi Guru Minat menjadi guru adalah kemauan, ketertarikan dan perhatian seseorang terhadap profesi guru. Minat menjadi guru ini bisa timbul dikarenakan ada respon positif, pengalaman dan keberadaan profesi guru yang dipandang dari persepsi pribadi dari setiap individu. Berdasarkan respon positif ini akan memunculkan rasa senang sehingga akan timbul ketertarikan terhadap suatu objek, dalam hal ini profesi guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan utuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa mengenai profesi guru dan untuk mengetahui adakah pengaruh persepsi mengenai profesi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang. Sampel penelitian ini adalah 52 mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang angkatan 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket. Hasil data yang diperoleh dianalisis dengan pendekatan deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi mahasiswa mengenai profesi guru termasuk dalam kategori tinggi yaitu 63,2%. Hal ini menujukkan bahwa lebih dari sebagian mahasiswa pendidikan bahasa Jepang UNNES memiliki pandangan yang baik terhadap profesi guru. Selain itu juga diketahui bahwa terdapat pengaruh positif antara persepsi mahasiswa mengenai profesi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa pendidikan bahasa Jepang UNNES dengan koefisien korelasi yang bernilai 0,497 dan koefisien determinasi sebesar 25%, dan persamaan garis regresi diketahui dengan persamaan Y = 3,92 + 0,11X yang berarti jika persepsi mengenai profesi guru (X) meningkat satu satuan maka minat menjadi guru (Y) akan meningkat 0,11 satuan. Hal ini sesuai dengan hasil uji hipotesis dimana apabila ߩ lebih besar dari nilai ߙ atau ߙ� ൐ ߩ maka ܪ݋ diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat; Persepsi; Profesi Guru
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 27 Mar 2018 10:13
Last Modified: 27 Mar 2018 10:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30556

Actions (login required)

View Item View Item