PERSEPSI SISWA TERHADAP MEDIA MATCHING GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG


Glatik Larassati, 2302413030 (2017) PERSEPSI SISWA TERHADAP MEDIA MATCHING GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302413030.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (598kB) | Preview

Abstract

Dalam mempelajari bahasa Jepang terdapat beberapa unsur yang harus dikuasai seperti huruf, kosakata, dan tata bahasa. Namun bagi pemula, masih terdapat beberapa kesulitan yang dihadapi salah satunya yaitu dalam mempelajari kosakata. Hal ini dialami oleh siswa SMA Negeri 1 Kemangkon yang masih mengalami kesulitan dalam menghafal kosakata. Kurangnya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran menjadi penyebab kesulitan siswa. Oleh karena itu dipilih salah satu media yaitu Matching Game sebagai alternatif dalam pembelajaran. Dengan dibuatnya media tersebut peneliti ingin mengetahui persepsi siswa mengenai Matching Game untuk menghafal kosakata bahasa Jepang. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif yang mencari persepsi siswa terhadap media Matching Game sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kemangkon. Sampel penelitian diambil dengan cara random kelas. Satu kelas dari kelas XI IPA dan satu kelas dari kelas XI IPS. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Angket berisi pertanyaan mengenai media Matching Game yang ditujukan guna mengetahui pendapat mengenai media yang telah diperkenalkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang media Matching Game sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Kemangkon tergolong sangat tinggi, dengan demikian siswa memiliki pandangan yang sangat baik tentang media Matching Game. Hasil rata-rata persepsi siswa sebesar 86,51% pada kelas interval 81,26%-100% (pada kategori sangat tinggi). Hal ini membuktikan bahwa media Matching Game dianggap baik dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kosakata bahasa Jepang; Matching Game; persepsi
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 26 Mar 2018 18:23
Last Modified: 26 Mar 2018 18:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30552

Actions (login required)

View Item View Item