KAJIAN PROSES DAN NILAI ESTETIS BATIK TULIS CILACAP DI PERUSAHAAN BATIK “RAJASA MAS BATIK” DESA MAOS KIDUL KECAMATAN MAOS KABUPATEN CILACAP


Sarah Sabrina Mukaddam, 2401412015 (2017) KAJIAN PROSES DAN NILAI ESTETIS BATIK TULIS CILACAP DI PERUSAHAAN BATIK “RAJASA MAS BATIK” DESA MAOS KIDUL KECAMATAN MAOS KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2401412015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Batik tulis merupakan salah satu hasil kebudayaan masyarakat yang penuh akan nilai-nilai estetis, khususnya pada unsur motif dan warnanya. Keindahan sebuah batik tercermin dari proses pembuatannya yang membutuhkan keterampilan tangan tinggi dan proses yang cukup lama. Kabupaten Cilacap-pun memiliki kerajinan batik yang cukup poluler di lingkungannya. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah (1) proses pembutan batik tulis Cilacap di perusahaan batik “Rajasa Mas Batik”, dan (2) nilai estetis batik tulis Cilacap di perusahaan batik “Rajasa Mas Batik” Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian yaitu pada perusahaan batik “Rajasa Mas Batik” yang bertempat di Jalan Penatusan Timur RT. 09, RW. 01 Desa Maos Kidul, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap. Teknik pengumpulan data menggunakan; (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data/penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa proses pembuatan batik Cilacap yang dikembangkan oleh perusahaan batik “Rajasa Mas Batik” terdiri dari proses pra-pembatikan, processing teknik membatik, dan pasca-pembatikan. Motif batik Cilacap terinspirasi dari flora dan fauna serta kehidupan yang ada di lingkungan Kabupaten Cilacap. Batik Cilacap mendapat pengaruh dari batik pedalaman dan batik pesisiran khususnya pada warna. Motifnya cukup kompleks pada batik klasik dan sederhana pada batik modernnya, dipengaruhi oleh semangat kerakyatan, bersifat egaliter, dan dibangun dengan pola kehidupan agraris. Saran yang dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) Mengembangkan lagi proses pengolahan kain sebelum dibatik agar kain lebih kuat dan tidak mudah rusak, (2) Mengembangkan pewarnaan polikromatis pada batik agar lebih bervariatif, (3) Melestarikan lagi batik Cilacap dengan cara memperluas wilayah pembatikan tidak hanya di Desa Maos Kidul namun juga di wilayah-wilayah lain di Kabupaten Cilacap, serta (4) Memberikan sumbangan berupa pengetahuan kepada masyarakat luas tidak hanya mengenai proses pembuatan batik tapi juga nilai-nilai estetis batik tulis Cilacap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Batik Tulis, Proses Pembuatan, Nilai Estetis
Subjects: L Education > Special Education > Art education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NE Print media
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 26 Mar 2018 16:55
Last Modified: 04 Apr 2019 14:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30543

Actions (login required)

View Item View Item