PERAN MOTIVASI KERJA DALAM MEMEDIASI PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN), LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN BIMBINGAN KARIER TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SWASTA SE-KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018


Sahrul Gunawan , 7101413259 (2017) PERAN MOTIVASI KERJA DALAM MEMEDIASI PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN), LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN BIMBINGAN KARIER TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SWASTA SE-KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413259.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data yang diambil dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jateng tahun 2014-2016 (www.jateng.bps.go.id) keterserapan angkatan kerja lulusan SMK lebih rendah daripada angkatan kerja lainnya. Banyak faktor yang mempengaruhi kesiapan kerja siswa SMK diantaranya praktik kerja industri (prakerin), lingkungan sekolah, bimbingan karier dan motivasi kerja. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung motivasi kerja, prakerin, lingkungan sekolah, dan bimbingan karier terhadap kesiapan kerja, serta pengaruh tidak langsung prakerin, lingkungan sekolah, dan bimbingan karier terhadap kesiapan kerja melalui motivasi kerja siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK kelas XII Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Swasta Se-Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 88 yang berada di tiga sekolah. Metode pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Metode analisis data penelitian ini menggunakan path analysis dengan signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan prakerin terhadap kesiapan kerja, motivasi kerja secara signifikan memediasi pengaruh prakerin terhadap kesiapan kerja, tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap kesiapan kerja, motivasi kerja secara signifikan memediasi pengaruh lingkungan sekolah terhadap kesiapan kerja, tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan bimbingan karier terhadap kesiapan kerja, motivasi kerja secara signifikan memediasi pengaruh bimbingan karier terhadap kesiapan kerja, dan ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kesiapan kerja. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa prakerin berpengaruh secara langsung terhadap kesiapan kerja siswa, lingkungan sekolah dan bimbingan karier tidak berpengaruh langsung terhadap kesiapan kerja. Sedangkan secara tidak langsung prakerin, lingkungan sekolah, dan bimbingan karier berpengaruh terhadap kesiapan kerja melalui motivasi kerja. Saran untuk meningkatkan kesiapan kerja siswa adalah dengan melaksanakan bimbingan karier secara berkala, dengan orang yang sesuai dengan bidang bimbingan karier, dan dilakukan secara personal. Selain itu juga perlu meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran yang ada di sekolah. Based on the data obtained from Central Bureau of Statistics (BPS) in Central Java Province year 2014-2016 (www.jateng.bps.go.id) the absorption of workforce from Vocational High School gradated was lower than other workforces. There are many factors influence student work readiness in Vocational High School including field of industrial practice, school environment, career guidance and work motivation. Therefore, the present research aims to find out the direct influence of work motivation, Field of Industrial Practice, school environment, and career guidance toward student work readiness, and the indirect influence of Field of Industrial Practice, school environment, and career guidance toward student work readiness through student’s work motivation. Population of the present research was the entire grade XII students of Office Administration in Private Vocational High Schools in Semarang Regency Academic Year 2017.2018 consisted of 88 students from three schools. Sampling technique used saturated sample. Collecting data method used interview, documentation, and questionnaire. Analyzing data method used path analysis with 5% significance. The results show that there was positive and significant influence of Field of Industrial Practice toward student work readiness, work motivation significantly mediated the influence of field of industrial practice toward student work readiness, there was no positive and significant influence of school environment toward student work readiness, work motivation significantly mediated the influence of school environment toward student work readiness, there was no positive and significant influence of career guidance toward student work readiness, work motivation significantly mediated the influence of career guidance toward students work readiness, and there was positive and significant influence of work motivation toward student work readiness. Based on the result, it can be concluded that field of industrial practice directly influenced the student work readiness, school environment and career guidance did not directly influence the student work readiness. While field of industrial practice, school environment, and career guidance indirectly influenced the student work readiness through work motivation. The suggestion in order to improve student work readiness is by giving career guidance periodically, by people who are competent, and it is given personally. Besides that, the schools also need to improve their facilities and infrastructures.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Kerja, Prakerin, Lingkungan Sekolah, Bimbingan Karier, Kesiapan Kerja Siswa Work Motivation, Field of Industrial Practice, School Environment, Career Guidance. Student Work Readiness.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 26 Mar 2018 13:39
Last Modified: 26 Mar 2018 13:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30537

Actions (login required)

View Item View Item