Perbedaan Antara Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Model Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sosiologi Materi Konflik Sosial Kelas XI SMA N 1 Subah


Ropiatun Nafisah , 3501406058 (2011) Perbedaan Antara Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Model Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sosiologi Materi Konflik Sosial Kelas XI SMA N 1 Subah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “Perbedaan Antara Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Model Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sosiologi Materi Konflik Sosial Kelas XI SMA N 1 Subah]
Preview
PDF (“Perbedaan Antara Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Model Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sosiologi Materi Konflik Sosial Kelas XI SMA N 1 Subah) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagai upaya meningkatkan keberhasilan dalam pembelajaran sosiologi pada masa sekarang, telah banyak dikembangkan model pembelajaran koooperatif dalam rangka memperbaiki kekurangan model konvensional yang dinilai menimbulkan kepasifan peserta didik. Dalam pembelajaran kooperatif dikenal berbagai tipe, diantaranya adalah model Numbered Heads Together (NHT) dan model Student Teams Achievement Division (STAD). Beda antara keduanya adalah pemaparan hasil kerja kelompok dalam model Numbered Heads Together (NHT) dilakukan secara individu dengan ditunjuk langsung oleh guru berdasarkan nomor secara acak, sedangkan model Student Teams Achievement Division (STAD), pemaparan hasil diskusi kelompok dilakukan secara individu tanpa adanya penunjukan oleh guru. Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran kelas XI SMA Negeri 1 Subah pada mata pelajaran sosiologi materi pokok konflik sosial dengan model Numbered Heads Together (NHT), (2) Untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran kelas XI SMA Negeri 1 Subah pada mata pelajaran sosiologi materi pokok konflik sosial dengan model Student Teams Achievement Division (STAD), (3) untuk mengetahui keaktifan belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Subah materi pokok konflik sosial dengan model Numbered Heads Together (NHT), (4) untuk mengetahui keaktifan belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Subah materi pokok konflik sosial dengan model Student Teams Achievement Division (STAD), (5) untuk mengetahui apakah keaktifan belajar peserta didik diajar dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dibandingkan dengan model Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Sosiologi pokok materi konflik sosial. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Subah tahun ajaran 2010/2011, yaitu kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3, dan XI IPS 4. Pengambilan sampel dilakukan dengan melakukan uji normalitas dan homogenitas populasi. Setelah diambil dua kelas yang homogen sebagai sampel, diambil satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol dengan menggunkan teknik random sampling. Pada penelitian ini dipilih secara acak satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan instrument penelitian yang dikembangkan peneliti. Instrument penelitian ini meliputi: kuesioner lembar keaktifan guru dan peserta didik kelas STAD dan NHT. Data penelitian dianalis dengan teknik deskriptif persentase, uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengelolaan pembelajaran kelas model NHT sebesar 875% dengan kriteria sangat baik, 2) pengelolaan pembelajaran kelas model STAD sebesar 86,67% dengan kriteria sangat baik, 3) rata-rata keaktifan peserta didik kelas model NHT sebesar 70,92% dengan kriteria baik, 4) rata-rata keaktifan peserta didik kelas model STAD sebesar 75,55% dengan kriteria baik, 5) terdapat perbedaan rata-rata keaktifan peserta didik antara kelas model STAD dan kelas model NHT, dengan n1 = 34 dan n2 = 33 diperoleh thitung = 1,7068 dan ttabel = 1,6686. Kriteria pengujian adalah: terima Ho jika thitung < ttabel dan tolak Ho untuk keadaan lainnya. Jelas thitung ada dalam daerah penolakan Ho dengan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keaktifan belajar, model Numbered Heads Together (NHT), model Student Teams Achievement Division (STAD), konflik sosial
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Jul 2011 02:51
Last Modified: 25 Apr 2015 05:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3053

Actions (login required)

View Item View Item