PERSEPSI SISWA TERHADAP MEDIA CARD SORT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG


Faridzotun Nikmah , 2302413007 (2017) PERSEPSI SISWA TERHADAP MEDIA CARD SORT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302413007.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (375kB) | Preview

Abstract

Kesulitan dalam pembelajaran bahasa Jepang yang sering dialami oleh siswa yaitu dalam menghafal kosakata. Hal ini dikarenakan dalam kosakata bahasa Jepang banyak terdapat kosakata yang mempunyai cara pengucapan yang hampir sama namun dengan arti yang berbeda, sehingga siswa sering tertukar dalam menghafal kosakata beserta artinya. Oleh karena itu, guru perlu menggunakan sebuah media yang dapat digunakan untuk mengajarkan kosakata agar dapat mempermudah dalam menyampaikan materi dan mempermudah siswa dalam memahami pelajaran tersebut. Salah satu media yang dapat digunakan untuk mengajarkan kosakata bahasa Jepang yaitu media Card Sort. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah persepsi siswa terhadap media Card Sort sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Jepang.Sedangkan tujuan penelitiannya yaitu Untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap media Card Sort sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 SMA Kesatrian 1 Semarang sebanyak 63 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode angket. Angket yang digunakan berupa angket semi terbuka, dimana jawaban sudah disediakan oleh peneliti namun responden juga harus menambahkan alasan mereka sesuai keadaan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media card sort dapat digunakan sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Hal ini terbukti karena hasil yang diperoleh dari angket, sebagian besar siswa menyukai proses pembelajaran menggunakan media card sort, karena lebih mudah dipahami dan mempermudah siswa untuk menghafal kosakata. Selain itu, media card sortjuga dapat menarik perhatian ketika proses pembelajaran berlangsung, sehingga siswa dapat fokus pada pelajaran. Dengan demikian, media card sort baik digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Card Sort; Kosakata Bahasa Jepang; Persepsi
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 26 Mar 2018 12:14
Last Modified: 26 Mar 2018 12:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30519

Actions (login required)

View Item View Item