PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI IBB MAN MAGELANG


Afita Sari , 2302413002 (2017) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI IBB MAN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302413002.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (417kB) | Preview

Abstract

Kemandirian belajar adalah perilaku siswa dalam mewujudkan kehendak atau keinginannya secara nyata dengan tidak bergantung pada orang lain. Seorang siswa perlu memiliki kemandirian belajar agar dapat memperkuat dirinya untuk selalu terbiasa belajar dan meningkatkan kendali diri dalam belajar dan prestasi belajar. Namun, pada kenyataannya pada kelas XI IBB MAN Magelang ada siswa yang terlihat mandiri tetapi nilai ulangan akhir semester bahasa Jepang rendah. Sebaliknya ada siswa yang terlihat kurang mandiri tetapi nilai ulangan akhir semesternya bagus. Selain itu, ada juga yang seimbang antara kemandirian dengan ulangan akhir semesternya. Berdasarkan hal tersebut, penulis mengadakan penelitian ini untuk mengetahui apakah kemandirian belajar berpengaruh atau tidak terhadap prestasi belajar, seberapa besar pengaruhnya, dan faktor apa saja yang menyebabkan berpengaruh atau tidaknya kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasi untuk mengukur pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar bahasa Jepang siswa kelas XI IBB MAN Magelang. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IBB MAN Magelang, sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IBB MAN Magelang yang berjumlah 34 siswa. Dalam memperoleh data, penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh data mengenai kemandirian belajar. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data berupa nilai siswa. Hasil perhitungan korelasi menggunakan Product Moment sebesar 0,381. Hal tersebut menunjukkan ada hubungan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar bahasa Jepang siswa kelas XI IBB MAN Magelang. Perhitungan koefisien determinasi sebesar 14,5%, artinya prestasi belajar bahasa Jepang sebesar 14,5% dipengaruhi oleh kemandirian belajar. Pada analisis data angket ada beberapa faktor yang menyebabkan korelasi dan pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar bahasa Jepang rendah. Faktor tersebut antara lain, siswa masih memiliki ketergantungan mengerjakan PR dengan melihat pekerjaan teman tanpa berusaha sendiri terlebih dahulu, kurang inisiatif mencari referensi, malas mempelajari materi di luar jam pembelajaran, dan lupa mengerjakan tugas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, kemandirian belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 26 Mar 2018 12:11
Last Modified: 26 Mar 2018 12:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30517

Actions (login required)

View Item View Item