PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KURIKULUM 2013 DAN KTSP PADA MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMAN 4 MAGELANG


Alfianti Nurul Amanah , 2302412059 (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KURIKULUM 2013 DAN KTSP PADA MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMAN 4 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302412059.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (588kB) | Preview

Abstract

Pergantian kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013 diharapkan dapat memberikan dampak positif pada kualitas dan mutu pendidikan. Pengaruh pergantian kurikulum tersebut dapat dilihat dengan membandingkan hasil belajar siswa.Pembandingan hasil belajar kedua kurikulum tersebut dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui keberhasilan suatu pembelajaran. Setelah melakukan studi pendahuluan di SMAN 4 Magelang, yang merupakan sekolah percontohan kurikulum 2013 diketahui bahwa masih terdapat siswa yang mendapatkan nilai yang lebih rendah dari pada KKM yang ada baik pada kelas kurikulum 2013 maupun kelas KTSP. Oleh karena itu peneliti merasa perlu untuk mengetahui adanya perbandingan nilai kedua kelas tersebut. Penelitian komparatif ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 4 Magelang. Sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-3 tahun ajaran 2015/2016 dan X-IA 4 tahun ajaran 2016/2017 SMAN 4 Magelang.Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 57 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, angket, dan wawancara. Teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa. Perbandingan hasil belajar siswa diuji dengan rumus U-Mann Whitney. Sedangkan teknik angket dan wawancara untuk mendapatkan data faktor hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar siswa dengan kurikulum 2013 dan kurikulum KTSP. Berdasarkan nilai Uji U-Mann Whitney diperoleh nilai ݖ௛௜௧௨௡௚ sebesar 1,51. Nilai ݖ௛௜௧௨௡௚ lebih kecil daripada nilai ݖ௧௔௕௘௟ dengan taraf signifikan 5% (1,51 < 1,96). Selain itu jika dilihat dari perbandingan nilai rata-rata kedua kelas, nilai kelas kurikulum 2013 (87,89) lebih tinggi daripada kelas KTSP (83,2). Sedangkan faktor yang mempengaruhi perbandingan hasil belajar kedua kelas tersebut adalah motivasi dan minat, serta tingkat pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, HasilBelajar, Kurikulum 2013, Kurikulum KTSP.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 26 Mar 2018 12:08
Last Modified: 26 Mar 2018 12:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30515

Actions (login required)

View Item View Item