ANALISIS PENGGUNAAN IRAI HYOUGEN PADA PENUTUR ASLI JEPANG DAN PEMBELAJAR BAHASA JEPANG


Mia Novianingsih , 2302412043 (2017) ANALISIS PENGGUNAAN IRAI HYOUGEN PADA PENUTUR ASLI JEPANG DAN PEMBELAJAR BAHASA JEPANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302412043.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (596kB) | Preview

Abstract

Manusia melakukan interaksi dengan sesama mengungkapkan maksud, tujuan dan perasaan melalui bahasa yang dituturkan. “Ungkapan permohonan” merupakan salah satu tindak tutur dimana seorang penutur menggunakannya untuk memohon seseorang untuk melakukan hal yang diinginkan. Cara penyampaian ungkapan permohonan berbeda-beda bergantung kepada siapa menyampaikannya dan seperti apa isi permohonannya. Penggunaan ungkapan permohonan atau dalam bahasa Jepang disebut Irai Hyougen. Irai Hyougen sangat penting karena merupakan salah satu ungkapan yang sering digunakan dalam rutinitas komunikasi masyarakat Jepang. Dalam kegiatan berkomunikasi diperlukan ungkapan yang tepat agar pesan dapat tersampaikan dengan baik. Penggunaan ungkapan permohonan (irai hyougen) dalam bahasa Jepang tidak sama seperti dalam bahasa Indonesia. Oleh karena itu, peneliti mendiskripsikan persamaan dan perbedaan penggunaan ungkapan permohonan (Irai Hyougen) pada penutur asli Jepang dan pembelajar bahasa Jepang berdasarkan level lawan bicara dan tingkat keperluan. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan penggunaan Irai Hyougen pada penutur asli Jepang dan pembelajar bahasa Jepang, serta deskripstif kuantitatif untuk mengolah data yang diperoleh dari kuesioner. Pada penelitian ini, peneliti membagikan kuosioner kepada 36 responden mahasiswa Jepang di Kanazawa dan 45 mahasiswa semester VI Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang. Teknik analisis yang digunakan adalah metode padan referensial dengan menggunakan teknik pilah unsur penentu (TPUP) sebagai teknik dasar yang digunakan untuk meneliti mengenai penggunaan Irai Hyougen pada kedua responden tersebut, dilanjutkan dengan teknik hubung banding sebagai teknik lanjutan untuk mencari persamaan dan perbedaan dari penggunaan irai hyougen tersebut. Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan dalam penggunaan strategi komunikasi Irai dan jenis Irai yang digunakan oleh penutur asli Jepang dan pembelajar bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penggunaan irai hyougen, penutur asli Jepang, pembelajar bahasa Jepang
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 26 Mar 2018 11:54
Last Modified: 26 Mar 2018 11:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30505

Actions (login required)

View Item View Item