EFEKTIVITAS PERMAINAN PUZZLE KOSAKATA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG


Alif Tina Ginty , 2302412041 (2017) EFEKTIVITAS PERMAINAN PUZZLE KOSAKATA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302412041.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (285kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran bahasa Jepang, penguasaan kosakata mutlak diperlukan. Hal ini dikarenakan penguasaan kosakata berkaitan erat dengan empat keterampilan berbahasa yaitu mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan di MAN 2 Semarang, diperoleh hasil bahwa pada umumnya siswa mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran bahasa Jepang, yakni dalam menguasai kosakata. Hal ini dikarenakan guru jarang menggunakan permainan atau media dalam pembelajaran sehingga siswa merasa bosan dan kurang antusias dalam mempelajari bahasa Jepang khususnya dalam mempelajari kosakata. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan media pengajaran yang menarik dan dapat membantu siswa meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang. Salah satu media yang dapat digunakan adalah permainan puzzle kosakata. Puzzle kosakata merupakan sarana yang sangat bermanfaat untuk mempelajari kembali kosakata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan permainan puzzle kosakata dalam penguasaan kosakata bahasa Jepang. Jenis penelitian ini adalah true experimental design. Responden dari penelitian ini adalah siswa kelas XII MAN 2 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan untuk mengukur reliabilitas digunakan teknik belah dua kemudian dicari koefisien separuh tes menggunakan rumus product moment. Hipotesis diuji menggunakan teknik komparatif yaitu membandingkan hasil tes kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ݐ௛௜௧௨௡௚ lebih besar daripada ݐ௧௔௕௘௟ (ݐ௛௜௧௨௡௚ = 2,087 >ݐ�௧௔௕௘௟ = 1,997) maka hipotesis kerja berbunyi “penggunaan permainan puzzle kosakata efektif untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Jepang” diterima. Berdasarkan hasil angket tanggapan siswa, disimpulkan bahwa permainan puzzle kosakata baik digunakan dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Puzzle Kosakata Permainan, Penguasaan Kosakata
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 26 Mar 2018 11:51
Last Modified: 26 Mar 2018 11:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30504

Actions (login required)

View Item View Item