EFEKTIVITAS MULTIMEDIA PREZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG DI MAN SALATIGA


Tutik Alfiah , 2302412024 (2017) EFEKTIVITAS MULTIMEDIA PREZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG DI MAN SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302412024.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (399kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran yang variatif dan menarik merupakan salah satu komponen penting dalam pengajaran. Media dapat mempermudah penyampaian materi serta dapat menumbuhkan minat dan motivasi jika digunakan secara tepat. Berdasarkan pengamatan, proses pembelajaran Bahasa Jepang di MAN Salatiga menggunakan media yang kurang variatif. Sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran Bahasa Jepang dan tujuan pembelajaran pun tidak dapat tercapai secara optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis mencoba menerapkan multimedia prezi yang dapat mempermudah guru dalam menjelaskan materi pembelajaran Bahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan multimedia Prezi untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Jepang kelas XI lintas minat MAN Salatiga serta kelebihan dan kekurangan multimedia Prezi pada saat diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Jepang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen murni.Data diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan untuk menghitung reliabilitas instrumen menggunakan rumus KR 20. Dari hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 86,5 dan kelas kontrol 79,25. Berdasarkan hasil tersebut perhitungan menggunakan rumus t-test, diperoleh hasil nilai t-hitung = 2,685. Nilai t-tabel = 2,028 untuk db = 36 dengan taraf kepercayaan 5%. Hasilnya t-hitung lebih besar daripada t-tabel. Dapat disimpulkan bahwa multimedia Prezi efektif dalam meningkatkan hasil belajar kosakata peserta didik kelas XI lintas minat MAN Salatiga.Kelebihan media ini yaitu menarik, mempermudah pemahaman kosakata dan pembuatan pola kalimat, dapat diterapkan di kelas besar dan kecil, serta mempermudah guru mengontrrol kelas. Kekurangannya yaitu penggunaan fitur autoplay and zooming perlu diperhatikan agar sesuai dengan kebutuhan kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, multimedia prezi, pembelajaran.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 26 Mar 2018 11:48
Last Modified: 26 Mar 2018 11:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30502

Actions (login required)

View Item View Item