PEMBELAJARAN SENI LUKIS DI KELAS X SMA NEGERI 4 MAGELANG
Qoniatul Rahmawati , 2401411040 (2017) PEMBELAJARAN SENI LUKIS DI KELAS X SMA NEGERI 4 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (368kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui dan menjelaskan proses pembelajaran melukis cat air di kelas X, (2) Mengetahui hasil karya lukis cat air di kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: (1) proses pembelajaran seni lukis cat air terinci dalam tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Perencanaan berisi tujuan pembelajaran seni lukis cat air yaitu siswa mampu berkarya seni lukis cat air dengan berbagai teknik sesuai dengan tema dan waktu yang telah ditentukan. Materi pembelajaran yang disampaikan yaitu pengetahuan melukis secara umum dan melukis cat air secara khusus serta media, teknik, dan prosedur berkarya. metode yang digunakan adalah ceramah, Tanya jawab, demonstrasi dan pegunagasan. Evaluasi yang dirumuskan yaitu memberikan nilai berupa skor sesuai dengan kriteria penilaian yang telah dipersiapkan oleh guru. Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan yaitu pertemuan pertama, presentasi oleh siswa secara kelompok dan pemberian materi oleh guru tentang pengertian seni lukis, macam teknik seni lukis, prosedur berkarya. Pertemuan kedua membuat sket gambar pepohonan. Pertemuan ketiga, melukis pepohonan dengan cat air. pertemuan keempat melanjutkan melukis pohon dengan cat air. pertemuan kelima menyelesaikan melukis pohon dengan cat air. Penilaian diberikan dengan mempertimbangkan kesesuaian tema, bentuk, dan penguasaan teknik. (2) Hasil karya lukis menunjukkan pohon yang dilukis oleh siswa merupakan pohon berkayu berukuran sedang hingga besar. Warna yang digunakan yaitu cokelat-hitam untuk bagian batang dan kuning-hijau pada bagian daun. Teknik perwarnaan yang digunakan yaitu 36% campuran plakat dan aquarel, 65% plakat. Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh guru, total 24 siswa dengan kategori sangat baik terdiri 9 siswa, kategori baik terdiri 11 siswa dan kategori cukup terdiri 4 siswa. Saran yang direkomendasikan yaitu guru sebaiknya lebih kreatif dalam memilih metode pembelajaran agar siswa lebih antusias dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran seni lukis cat air. Misalnya dengan menggunakan eksplorasi atau melukis on the spot di luar kelas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Seni Lukis, Cat Air, Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > Special Education > Art education N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 23 Mar 2018 17:35 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 13:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30499 |
Actions (login required)
View Item |