PEMBELAJARAN SENI GRAFIS DENGAN MEMANFAATKAN LOGAM BEKAS SEBAGAI MEDIA BERKARYA SISWA KELAS X TKR C SMK BHAKTI PRADJA ADIWERNA


Ubaidilah Fajar H , 2401411030 (2017) PEMBELAJARAN SENI GRAFIS DENGAN MEMANFAATKAN LOGAM BEKAS SEBAGAI MEDIA BERKARYA SISWA KELAS X TKR C SMK BHAKTI PRADJA ADIWERNA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2401411030.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (368kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan pembelajaran seni grafis dengan memanfaatkan logam bekas di kelas X TKR C SMK BP Adiwerna, (2) menganalisis hasil karya seni grafis dengan memanfaatkan logam bekas dilihat dari aspek esteis serta unsur-unsur visualnya di kelas X TKR C SMK BP Adiwerna, dan (3) menganalisis faktor determinan yang menjadi pendukung dan penghambat pembelajaran seni grafis dengan memanfaatkan logam bekas di kelas X TKR C SMK BP Adiwerna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan melalui pengamatan terkendali. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian yang pertama, proses pelaksanaan pembelajaran seni grafis dengan memanfaatkan logam bekas sebagai media berkarya sebagai berikut; pada pertemuan pertama, peneliti memberi pengetahuan tentang pengertian seni grafis, macam teknik seni grafis, dan prosedur berkarya seni grafis memanfaatkan logam bekas dengan teknik cetak tinggi. Pertemuan kedua yaitu berkarya seni grafis memanfaatkan logam bekas dengan teknik cetak tinggi (cap). Kedua, hasil karya siswa dalam seni grafis dengan memanfaatkan logam bekas pada kelas X TKR C SMK BP Adiwerna pada pengamatan terkendali 1 dan pengamatan terkendali 2 menunjukkan nilai peningkatan rata-rata. Hal ini ditandai dengan hasil nilai rata-rata pada pengamatan terkendali 1 adalah 77,18 dan pengamatan terkendali 2 mengalami peningkatan mencapai 81,5. Ketiga, Faktor pendukung dari pembelajaran tersebut antara lain bahan yang mudah didapat dan teknik pembuatanya sederhana, tersedianya media pembelajaran serta antusias yang tinggi dari para siswa dalam berkarya seni grafis. Faktor penghambat dalam pembelajaran berkarya seni grafis antara lain kurangnya kepercayaan diri siswa dalam berkarya, lemahnya pengembangan gagasan siswa serta kondisi pembelajaran yang kurang kondusif. Saran yang diberikan peneliti: (1) pendidik hendaknya variatif dalam hal mengajar, pemanfaatkan logam bekas sebagai media berkarya dapat menjadi alternatif pembelajaran seni grafis (2) pendidik hendaknya menggunakan peralatan pendukung seperti kain lap sebagai alas sehingga kondisi kelas tidak kotor dan lebih terkendali. (3) pendidik dapat memanfaatkan logam bekas sebagai media dalam berkarya seni lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Seni Grafis, Logam bekas, Media berkarya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > Special Education > Art education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2018 17:19
Last Modified: 05 Apr 2019 13:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30498

Actions (login required)

View Item View Item