STUDI EKSPLORATIF PEMBELAJARAN SISWA KELAS VII B SMP 1 KUDUS DALAM PENERAPAN RAGAM HIAS DENGAN PEWARNA AKRILIK PADA KAIN SLAYER


Ita Rahmawati , 2401411025 (2017) STUDI EKSPLORATIF PEMBELAJARAN SISWA KELAS VII B SMP 1 KUDUS DALAM PENERAPAN RAGAM HIAS DENGAN PEWARNA AKRILIK PADA KAIN SLAYER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2401411025.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (903kB) | Preview

Abstract

Penelitian skripsi ini bertujuan mengkaji masalah: (1) bagaimana pembelajaran siswa kelas VII B SMP 1 Kudus dalam penerapan ragam hias dengan pewarna akrilik pada kain slayer, (2) bagaimana hasil pembelajaran siswa kelas VII B SMP 1 Kudus dalam penerapan ragam hias dengan pewarna akrilik pada kain slayer, (3)faktor-faktor apa mempengaruhi pembelajaran siswa kelas VII B SMP 1 Kudus dalam penerapan ragam hias dengan pewarna akrilik pada kain slayer.Secara metodologis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasai. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi, penyajian, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, pembelajaran siswa dalam penerapan ragam hias dengan pewarna akrilik pada kain slayer dilakukan dua tahapan, yaitu membuat rancangan dan pewarnaan. Kedua, pembelajaran siswa dalam penerapan ragam hias dengan pewarna akrilik pada kain slayer pada pengamatan terkendali 1 dan pengamatan terkendali 2 menunjukkan hasil nilai peningkatan rata-rata. Hal ini ditandai dengan hasil nilai rata-rata pada pengamatan terkendali 1 mencapai 81 dalam kategori baik tuntas dan pada pengamatan terkendali 2 menunjukkan peningkatan pada hasil nilai rata-rata senilai 84 dalam kategori baik tuntas. Ketiga, faktor yang mempengaruhi pembelajaran siswa dalam penerapan ragam hias dengan pewarna akrilik pada kain slayer meliputi (1) faktor internal yaitu minat, bakat, dan motivasi, (2) faktor eksternal yaitu guru, prasarana dan sarana pembelajaran, kurikulum sekolah, dan tempat belajar. Saran pembelajaran dalam penerapan ragam hias dengan pewarna akrilik pada kain slayer dengan hasil yang baik. Untuk itu, agar guru memberikan motivasi dan memperbanyak referensi kepada siswa agar siswa lebih percaya diri saat berkarya seni.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Seni rupa, Ragam hias, Cat akrilik, cat Tekstil
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Special Education > Art education
N Fine Arts > ND Painting
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2018 17:15
Last Modified: 04 Apr 2019 14:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30497

Actions (login required)

View Item View Item