PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ORNAMEN DENGAN MEDIA PAPAN KAYU SEBAGAI SARANA PENGENGEMBANGAN KREATIVITAS PADA SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 3 BATANG


Azka Naiman Alfaruqi , 2401410083 (2017) PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ORNAMEN DENGAN MEDIA PAPAN KAYU SEBAGAI SARANA PENGENGEMBANGAN KREATIVITAS PADA SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 3 BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2401410083.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (371kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dan mendeskripsikan bentuk pembelajaran menggambar ornamen dengan media papan kayusebagai sarana pengembangan kreativitas siswa kelas VII G SMP Negeri 3 Batang, (2) mengetahui dan mendeskripsikan hasil karya siswa kelas VII G SMP Negeri 3 Batang dalam menggambar ornamen dengan media papan kayu.Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D) denganpendekatan kualitatif yang dilaksanakan melalui pengamatan terkendali. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.Hasil penelitian yang dilakukan terhadap 34 siswa kelas VII G SMP Negeri 3 Batang disimpulkan proses pembelajaran menggambar ornamen dengan media papan kayu dilakukan dalam beberapa tahap yaitu kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Secara keseluruhan pembelajaran menggambar ornamen dengan media papan kayu sebagai pengembangan kreativitas pada siswa kelas VII G SMP Negeri 3 Batang pada pengamatan terkendali 1 dan pengamatan terkendali 2 menunjukkan hasil nilai rata-rata cukup - baik. Hal ini ditandai dengan hasil nilai rata-rata pada pengamatan terkendali 1 mencapai 79,55 sedangkan pada pengamatan terkendali 2 mencapai 85,06 dengan demikian nilai rata-rata termasuk dalam kategori cukup - baik (79,55-85,06). Pertama saran khusus, dalam hal membuat pola-pola menjadi motif masih perlu dikembangkan. Dalam hal pewarnaan, disarankan agar lebih berhati-hati dan lebih teliti pada waktu memberikan warna supaya hasilnya lebih rata dan rapi. Kedua saran umum, hasil penelitian ternyata menunjukkan bahwa papan kayu dapat digunakan sebagai alternatif media dalam pembelajaran menggambar ornamen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, menggambar ornamen, media, papan kayu, kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Special Education > Art education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2018 17:11
Last Modified: 05 Apr 2019 13:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30496

Actions (login required)

View Item View Item