PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI KEJURUAN, MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA DAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 KENDAL
Nur Fitriyaningsih , 7101413258 (2017) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI KEJURUAN, MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA DAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (812kB) | Preview |
Abstract
Kesiapan kerja merupakan keseluruhan kondisi individu yang memiliki kematangan fisik, mental dan pengalaman serta adanya kemauan dan kemampuan sehingga dapat langsung bekerja dan mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan. Kesiapan kerja dapat ditingkatkan dengan memperhatikan beberapa faktor antara lain: persepsi siswa tentang kompetensi kejuruan, motivasi memasuki dunia kerja, dan informasi dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kejuruan, motivasi memasuki dunia kerja, dan informasi dunia kerja terhadap kesiapan kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Program Keahlin Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kendal. Jumlah populasi penelitian sebanyak 70 siswa dan semuanya digunakan sebagai sampel penelitian, sehingga disimpulkan bahwa penelitian ini adalah penelitian populasi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumen dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS for Windows Release 20, uji asumsi klasik dan analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Persepsi siswa tentang kompetensi kejuruan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 20,88%. 2) Motivasi memasuki dunia kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 21,62%. 3) informasi dunia kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja sebesar 7,50%. Simpulan dari penelitian ini yaitu adanya motivasi memasuki dunia kerja yang tinggi, kompetensi kejuruan yang baik, dan informasi dunia kerja yang banyak akan menjadikan siswa lebih mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Saran dalam penelitian ini yaitu sebaiknya sekolah memperbanyak informasi dunia kerja dan jelas mengenai asal mula informasi tersebut sehingga siswa lebih mudah dalam menemukan informasi dunia kerja. Pada kompetensi kejuruan, sebaiknya guru meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa dengan mengadakan praktik, evaluasi maupun tugas sehingga kemampuan dan keterampilan siswa meningkat. Selanjutnya motivasi memasuki dunia kerja perlu untuk ditingkatkan, hal ini bisa dilakukan dengan cara guru bekerjasama dengan orang tua untuk memberikan dorongan kepada siswa sehingga siswa lebih siap untuk bekerja. Job readiness is the overall condition of individuals who have physical maturity, mental and experience and the willingness and ability to be able to work directly and get maximum results as expected. Work readiness can be improved by taking into account several factors such as students perceptions on vocational competence, motivation to enter the world of work, and information of the world of work. The purpose of this study is to examine the influence of students perceptions on vocational competence, motivation to enter the world of work, and information of the world of work rediness. The population in the study were the students of class XII department of Administration Office SMK Negeri 1 Kendal. The number of study population is 70 students and used all as sample of research, so it is concluded that this research is population research. Data collection methods using interview documents and questionnaires. Data were analyzed by descriptive analysis method and multiple regression. The technique of data analysis used multiple regressions with SPSS for windows release 20, classic assumtion test and descriptive analysis percentage. The result showed that 1) student perception on vocational competence has positive significance of student work readinnes in 20,88%. 2) motivation to enter the world of work has positive significance of student work readinnes in 21.62%. 3) information of the world of work has positive significance of student work readinnes in 7.50%. The conclusion of this research is the higher motivation to enter the world of work, student perception on vocational competence the good ,and a lot information of the world of work will make students more prepared to enter the work force. The research suggestions that school should reproduce the world of work information and clear the origin of the information so that students more easily in finding information the world of work. On vocational competence, teachers should increase understanding and knowledge of the soul by holding practice, evaluation, and task so that the ability and skils of students increasws. Then motivation to enter the work world needs to be improved, this can be done by teachers in cooperation with parents to provide encouragement to students so that students are better prepared to work.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Kejuruan, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, Informasi Dunia Kerja, Kesiapan Kerja Students Perceptions About Vocational Competence, Motivation to Enter the World of Work, and Information of the World of work, Work Readiness |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 23 Mar 2018 16:21 |
Last Modified: | 23 Mar 2018 16:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30495 |
Actions (login required)
View Item |