PENGARUH DEWAN KOMISARIS, KOMITE AUDIT, DAN UTANG TERHADAP BIAYA KEAGENAN (Perusahaan Badan Usaha Milik Negara Go Public Tahun 2003-2016)


Nok Mia Audinia , 7311413085 (2017) PENGARUH DEWAN KOMISARIS, KOMITE AUDIT, DAN UTANG TERHADAP BIAYA KEAGENAN (Perusahaan Badan Usaha Milik Negara Go Public Tahun 2003-2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413085.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Konflik kepentingan antara pemilik dengan manajer maupun antara pemilik mayoritas dan minoritas menimbulkan biaya keagenan. Corporate governance dipercaya mampu mengatasi konflik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mekanisme corporate governance seperti dewan komisaris, komite audit, dan utang terhadap biaya keagenan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahan BUMN yang go public tahun 2003 – 2016. Jumlah sampel berdasarkan metode purposive sampling adalah 186 unit analisis. Data penelitian ini adalah unbalanced data panel yang dianalisis dengan regresi linear berganda dengan alat analisis Eviews 9. Model regresi data panel penelitian ini adalah fixed effect model. Hasil penelitian menunjukkan nilai Adjusted R-Square adalah 0,98. Berdasarkan uji t statistik, dewan komisaris berpengaruh negatif terhadap biaya keagenan. Semakin tinggi jumlah dewan komisaris akan menurunkan biaya keagenan yang proksikan dengan rasio kegunaan aset. Sedangkan komite audit dan utang tidak berpengaruh terhadap biaya keagenan. Saran untuk perusahaan agar mempertimbangkan untuk menentukan jumlah dewan komisaris yang sedikit karena lebih efektif dalam mengelola aset perusahaan sehingga mengurangi biaya keagenan. Begitu pula untuk investor agar mempertimbangkan jumlah dewan komisaris dan biaya keagenan dalam mengambil keputusan investasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Biaya Keagenan, Dewan Komisaris, Komite Audit, Utang.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Jun 2019 16:09
Last Modified: 19 Jun 2019 16:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30491

Actions (login required)

View Item View Item