KREASI GAMBAR ILUSTRASI BERBASIS VEKTOR (VECTOR BASE) CERITA RAKYAT RATU KALINYAMAT SEBAGAI UPAYA PENGGALIAN NILAI LUHUR


Surya Atmaja , 2401410079 (2017) KREASI GAMBAR ILUSTRASI BERBASIS VEKTOR (VECTOR BASE) CERITA RAKYAT RATU KALINYAMAT SEBAGAI UPAYA PENGGALIAN NILAI LUHUR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2401410079.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kearifan budaya lokal salah satu di antaranya adalah cerita rakyat Ratu Kalinyamat, pada zamanya pernah begitu berarti di tengah-tengah masyarakat Jepara. Kemajuan teknologi dengan berbagai persoalan yang menyertainya, telah menyebabkan masyarakat lupa akan tradisi dan kearifan budaya lokal kabupaten Jepara, padahal dalam kisahnya terdapat pesan moral bagi generasi muda yang dapat diterapkan dan dikembangkan dalam kehidupan masa kini, sebagai tuntunan untuk membentuk jiwa nasionalisme serta patriotisme. Dalam proyek studi ini, penulis ingin memvisualisasikan cerita tersebut menjadi karya gambar ilustrasi berbasis vektor sebagai usaha untuk menyampaikan nilai luhur yang terkandung dalam kisah Ratu Kalinyamat serta melestarikan budaya yang ada di kota Jepara. Tujuan dari proyek studi ini adalah menghasilkan rancangan visualisasi cerita rakyat Ratu Kalinyamat dalam bentuk gambar ilustrasi berbasis vektor (vector base) yang mengandung nilai luhur. Media yang digunakan adalah digital print pada kertas photo paper matte 230 gsm dengan ukuran 42,5 cm x 60 cm dan kertas ivory 230 gsm untuk isi dummy buku. Teknik berkarya dilakukan mulai dari pembuatan sketsa ilustrasi dan layout dengan menggunakan pensil di atas kertas, kemudian mentransfer sketsa tersebut ke dalam komputer dengan scanner. Selanjutnya, dilakukan proses pewarnaan dengan menggunakan software Coreldraw X3 kemudian di-layout dan diberikan teks narasi. Setelah itu, gambar ilustrasi dicetak pada kertas dan dikemas dengan pigura kayu pinus dengan ketebalan 5 cm. Proses berkarya meliputi: (1) pencarian ide, (2) penetapan tujuan, (3) analisis khalayak sasaran, (4) pra produksi; meliputi perancangan konten narasi gambar ilustrasi, penggambaran karakter, pembuatan storyboard, (5) produksi, meliputi; pembuatan sketsa, proses pewarnaan, layout dan pemberian teks, konsultasi karya, print out dan finishing , serta (6) Pasca Produksi. Dalam pembuatan keseluruhan karya, hal yang perlu diperhatikan adalah elemen-elemen dan prinsip-prinsip desain. Karya yang dihasilkan adalah 12 gambar ilustrasi berbasis vektor tentang cerita rakyat Ratu Kalinyamat dengan ukuran 42,5 cm x 60 cm dan aplikasi dummy buku cerita ukuran 21 cm x 29 cm. Dengan diciptakannya gambar ilustrasi berbasis vektor cerita rakyat Ratu Kalinyamat, diharapkan dapat memberikan manfaat: (1) dapat digunakan oleh orang tua atau guru sebagai media penyampaian nilai luhur, (2) dapat dijadikan sebagai media pengenalan kebudayaan setempat khususnya budaya Jepara bagi generasi muda, dan (3) dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada ilustrator lain untuk menciptakan karya dalam bentuk gambar ilustrasi dengan pemilihan tema yang berbeda dan lebih kreatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cerita Rakyat, Ratu Kalinyamat, Ilustrasi, Nilai luhur
Subjects: L Education > Special Education > Art education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2018 16:33
Last Modified: 02 Apr 2019 18:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30480

Actions (login required)

View Item View Item