PERBEDAANMINAT DAN PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA LAKI-LAKI DENGAN SISWA PEREMPUAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 16 SEMARANG


Safira Meilinasari , 2302412018 (2017) PERBEDAANMINAT DAN PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA LAKI-LAKI DENGAN SISWA PEREMPUAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 16 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302412018.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (684kB) | Preview

Abstract

Minat merupakan salah satu unsur penting dalam proses pembelajaran di sekolah. Begitu juga pada mata pelajaran bahasa Jepang. Tidak semua siswa laki-laki dan siswa perempuan memiliki minat yang sama pada mata pelajaran bahasa Jepang. Minat siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMA Negeri 16 Semarang berbeda. Dari seluruh siswa perempuan kelas XI IS yang berjumlah 43 hampir sebagian besar mengikuti pelajaran dengan antusias terhadap materi yang disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran. Sedangkan siswa laki-laki kelas XI IS yang berjumlah 36 siswa sebagian besar mengikuti pelajaran kurang antusias terhadap materi yang di sampaikan oleh guru dalam proses pembelajara. Hal ini terlihat saat observasi awal. Mengetahui minat yang dimiliki siswa sangatlah penting. Minat berpengaruh besar terhadap prestasi belajar. Karena bila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa, maka siswa tidak akan belajar dengan sebaik-baiknya, akibatnya prestasi belajar siswa akan menurun karena tidak ada daya tarik bagi siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 78 responden. Terdiri dari siswa lakilaki dan siswa perempuan kelas XI IS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, dan angket. Hasil data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif presentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa faktor yang mempengaruhi perbedaan minat dan prestasi belajar siswa laki-laki dan perempuan tersebut yaitu, Faktor Internal Kemampuan siswa laki-laki dan perempuan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan selisih prosentase sebesar (14,69%) selanjutnya Faktor Eksternal yaitu Dukungan orang tua terhadap siswa laki-laki dan perempuan dengan selisih prosentase sebesar (10,11%), Dukungan walikelas terhadap siswa laki-laki dan siswa perempuan dengan selisih prosentase sebesar (11,91%) dan yang terakhir Faktor Pendekatan Belajar yaitu Sikap positif siswa laki-laki dan siswa perempuan dengan selisih prosentase sebesar (17,46%).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perbedaan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Laki-laki dengan Siswa Perempuan.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 22 Mar 2018 14:17
Last Modified: 22 Mar 2018 14:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30470

Actions (login required)

View Item View Item