PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU, FASILITAS BELAJAR, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS X DAN XI IPS MA MATHALIBUL HUDA MLONGGO JEPARA


Istiqlala Nur Alia , 7101413257 (2017) PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU, FASILITAS BELAJAR, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS X DAN XI IPS MA MATHALIBUL HUDA MLONGGO JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413257.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan kemampuan berpikir kreatif kepada generasi muda menjadi sangat penting dalam menghadapi dunia yang semakin maju. Pemecahan masalah yang inovatif dan memiliki dampak positif bagi sekitarnya sangat dibutuhkan sekarang ini. Oleh karena itu, kemampuan berpikir kreatif sangat diperlukan oleh siswa dan perlu kesadaran orang-orang disekitarnya untuk mengembangkannnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kreativitas mengajar guru, fasilitas belajar dan lingkungan keluarga terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa serta seberapa besar dan bagaimana pengaruhnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa jurusan IPS kelas X dan XI sejumlah 363 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode proportional random sampling dengan total sampel sebanyak 190 sampel. Pengambilan data menggunakan metode angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda disimpulkan bahwa adanya pengaruh antara kreativitas mengajar guru, fasilitas belajar, dan lingkungan keluarga terhadap kemampaun berpikir kreatif siswa 19,1% kemudian secara parsial, variabel kreativitas mengajar guru sebesar 3,24%, variabel fasilitas belajar sebesar 2,72%, dan lingkungan keluarga sebesar 36,9%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kreativitas mengajar guru, fasilitas belajar, dan lingkungan keluarga berpengaruh secara parsial terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X dan XI MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara. Berdasarkan penelitian ini diharapkan semua pihak terutama guru dan orang tua menyadari pentingnya pengembangan kemampuan berpikir kreatif pada siswa. The development of creative thinking ability to young generation becomes very important in facing the progression world. Innovative problem solving and having positive impact on the surrounding is urgently needed today. Therefore, the creative thinking ability is needed by the student and need awareness of the people around to develop it. The purpose of this study id to determine whether or not the influence of teacher’s creativity of learning, learning facilites and family environment on the creative thinking ability of student and how big and the influence. This research is descriptive research. The population in this research were all student at tenth and eleventh grade IPS of MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara in academic 2016/2017 with proportional random sampling methods with total sample 190 samples. The method of collecting data uses questioners. The method of data analysis used descriptive statistic and multiple linier regression. The output of multiplier linier regression concluded that the influence of between creativity teaching’s teacher, learning facilities, and family environment on creativity thinking ability of student 19,1%. And then Partially, creativity of teaching’s teacher variable is 3,24%, learning facilities variable is 2,72% and family environment variable is 7,24%%. Based on the results of the research can be concluded that the creativity of teaching teachers, learning facilities, and family environment partially influence the creative thinking ability of students of class X and XI MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara. Based on this research is expected all parties, especially teachers and parents realize the importance of developing creative thinking ability in students.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas mengajar guru, fasilitas belajar, lingkungan keluarga, kemampuan berpikir kreatif. teacher’s creativity of learning, learning facilities, family environment, and creativity thinking ability of student.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 22 Mar 2018 13:57
Last Modified: 22 Mar 2018 13:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30466

Actions (login required)

View Item View Item