ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN UNGKAPAN PENGANDAIAN (~TO)(~BA), (~TARA), DAN (~NARA) PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES


Desi Fatmasari , 2302411037 (2017) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN UNGKAPAN PENGANDAIAN (~TO)(~BA), (~TARA), DAN (~NARA) PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302411037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (770kB) | Preview

Abstract

Ungkapan pengandaian bahasa Jepang terbagi menjadi empat jenis yaitu ungkapan pengandaian (~to), (~ba), (~tara), dan (~nara). Namun, ungkapan pengandaian (~to), (~ba), (~tara), dan (~nara) bila diartikan kedalam bahasa Indonesia tidak hanya memiliki arti kalau, jika atau andaikan, tetapi juga bisa diartikan begitu atau saat. Selain itu, ungkapan pengandaian (~to), (~ba), (~tara), dan (~nara) memiliki fungsi dan aturan tersendiri dalam penggunaanya sehingga menimbulkan masalah pada pembelajar bahasa Jepang seperti sering tertukarnya fungsi masing-masing ungkapan tersebut dalam penggunaanya pada kalimat bahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan penggunaan ungkapan pengandaian (~to), (~ba), (~tara), dan (~nara) serta penyebab terjadinya kesalahan. Sehingga dapat diketahui solusi untuk mengatasi kesalahan tersebut. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif-kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes angkatan 2014 dengan sampel sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa kesalahan mahasiswa dalam penggunaan ungkapan pengandaian (~to), (~ba), (~tara), dan (~nara) tersebut termasuk mistake sebanyak 62,5%, karena pembelajar sudah mempelajari tetapi masih saja melakukan kesalahan. Kemudian eror sebanyak 37,5% yang disebabkan karena pembelajar tidak menaati aturan dalam pembentukan ungkapan pengandaian (~to), (~ba), (~tara), dan (~nara). Faktor penyebab terjadinya kesalahan dikarenakan responden tidak memahami fungsi dan aturan pembentukan masing-masing ungkapan pengandaian (~to), (~ba), (~tara), dan (~nara) yang mengakibatkan mahasiswa tidak memahami dan memperhatikan klausa kalimat sebelum atau sesudah ungkapan pengandaian pada tiap soal tersebut. Solusi untuk mengurangi kesalahan adalah mahasiswa mempelajari kembali fungsi masing-masing ungkapan pengandaian untuk mempermudah pemahaman persamaan dan perbedaan pada masing-masing ungkapan pengandaian tersebut dalam kalimat bahasa Jepang. Serta mempelajari kembali aturan pembentukan ungkapan pengandaian dalam kalimat bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesalahan, penggunaan ungkapan pengandaian (~to), (~ba), (~tara), (~nara)
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 22 Mar 2018 13:52
Last Modified: 22 Mar 2018 13:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30465

Actions (login required)

View Item View Item