KORELASI GAYA BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG DI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA


Arum Setianingsih , 2302411026 (2017) KORELASI GAYA BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG DI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302411026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (823kB) | Preview

Abstract

Setiap siswa memiliki cara yang berbeda-beda dalam memperoleh suatu informasi pada kegiatan belajar. Cara siswa dalam menyerap informasi tersebut dinamakan gaya belajar. Kemampuan seseorang untuk mengetahui sendiri gaya belajarnya akan meningkatkan efektifitasnya dalam belajar, sehingga akan berpengaruh pula terhadap hasil belajarnya Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui korelasi gaya belajar siswa dengan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMA Islam Sudirman Ambarawa dan mengetahui gaya belajar yang paling banyak dimiliki siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Islam Sudirman Ambarawa. Sampel penelitian adalah siswa kelas X Bahasa 1 dan 2 tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket. Data dianalisis dengan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel X (gaya belajar siswa) dan variabel Y (hasil belajar kognitif siswa). Hal ini ditunjukkan melalui uji korelasi. Dalam uji korelasi, nilai r hitung adalah 0,61 jika ditafsirkan dengan tabel penafsiran angka korelasi termasuk ke dalam kategori kuat dengan signifikansi r tabel 0,254 (5%) dan 0,330(1%). Karena nilai r tabel lebih kecil daripada r hitung, maka disimpulkan terdapat korelasi positif yang kuat. Dengan demikian hipotesis satu (H1) dalam penelitian ini diterima dan secara otomatis hipotesis nol (H0) ditolak. Mayoritas siswa kelas X bahasa tahun 2016/2017 di SMA Islam Sudirman Ambarawa memiliki gaya belajar suditorial dengan prosentase 56,7%. Adapun koefisien korelasi terbesar dari ketiga gaya belajar tersebut terdapat pada gaya belajar visual sebesar 0,42 dan termasuk dalam kategori sedang dengan signifikansi 1% sebesar 0,330. Hal ini berarti hanya siswa dengan gaya belajar visual yang secara sadar atau tidak sudah melakukan proses penerimaan informasi dan belajar dengan cara-cara visual

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Bahasa Jepang
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 22 Mar 2018 13:48
Last Modified: 22 Mar 2018 13:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30464

Actions (login required)

View Item View Item