PERAN KOMITMEN ORGANISASI DALAM MEMEDIASI PENGARUH PELATIHAN PEGAWAI, KOMUNIKASI INTERNAL, DAN TATA RUANG KANTOR TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN


Heni Rusdianti , 7101413252 (2017) PERAN KOMITMEN ORGANISASI DALAM MEMEDIASI PENGARUH PELATIHAN PEGAWAI, KOMUNIKASI INTERNAL, DAN TATA RUANG KANTOR TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413252.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Organisasi akan mencapai tujuannya bergantung pada kinerja individu dan kinerja kelompok. Pengamatan yang sudah dilakukan pada Dinas Arsip dan Perpustakaan diketahui bahwa kinerja pegawai masih belum mencapai target yang ditentukan. Perolehan nilai pegawai dalam kategori C sebanyak 7 pegawai dan nilai pegawai dalam kategori B sebanyak 80 pegawai dari 123 pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pelatihan Pegawai, Komunikasi Internal, dan Tata Ruang Kantor melalui komitmen organisasi sebagai variabel intervening terhadap kinerja pegawai. Subjek penelitian ini adalah pegawai Dinas Arsip dan Perpustakaan di tiga kota yaitu Semarang, Salatiga dan Magelang. Populasi penelitian ini adalah 123 pegawai. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan keseluruhan populasi menjadi sampel dan menggunakan metode pengambilan sampel secara sampling jenuh. Metode pengumpulan data kuesioner dan dokumentasi, metode analisis yaitu uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik menggunakan SPSS versi 16 dan analisis Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan LISREL versi 8.51. Hasil perhitungan penelitian diperoleh persamaan regresi Kinerja = 1,10*komitmen - 0,11*pelatihan - 0,060*komunikasi - 0,051*tataruang, errorvar = 0,13, R2 = 0,88 dan Komitmen = 0,24*pelatihan + 0,64*komunikasi + 0,067*tataruang, errorvar = 0,35, R2 = 0,63. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pelatihan pegawai, komunikasi internal dan tata ruang kantor memiliki pengaruh negatif secara langsung terhadap kinerja pegawai. Namun variabel pelatihan pegawai, komunikasi internal dan tata ruang kantor memiliki pengaruh yang positif dengan menggunakan komitmen orgnaisasi sebagai variabel intervening terhadap kinerja pegawai. Simpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kinerja pegawai dapat dicapai dengan meningkatkan pelatihan, komunikasi internal dan tata ruang kantor serta menggunakan komitmen organisasi sebagai kunci utama dalam diri pegawai. Saran kepada Dinas Arsip dan Perpustakaan, diharapkan pegawai untuk tidak meninggalkan pekerjaan sebelum pelatihan, ikut terlibat dalam kegiatan dinas, ruang kantor ditata sesuai aturan yang sudah ada, pegawai selalu menerapkan sumpah jabatannya, dan diharapkan tidak meninggalkan dinas ketika jam kerja. Organization achieves its goals depend on individual and group performance. Based on the observation conducted to Archives and Library Office it was found that employee performance did not achieve the specified target. The acquisition of employee value in category C was 7 employees and B was 80 employees from 123 employees. The research aims to analyze the influence of employee training, internal communication, and office layout through organization commitment as intervening variable towards employee performance. The subject of this research was the employees of Archives and Library Office in three cities that are Semarang, Salatiga, Magelang. The population was 123 employees. This population research that is entire population as the sample and it used saturated sampling method. Data collecting methods were questionnaire and documentation. Analysis method used instrument test (validity test and reliability test) percentage of descriptive analysis. Classical assumption test used SPP version 16 and Structural Equation Modeling (SEM) analysis by using LIREL version 8.51. The result of research measurement obtained that the equation of regression was Kinerja = 1,10*komitmen - 0,11*pelatihan - 0,060*komunikasi - 0,051*tataruang, errorvar = 0,13, R2 = 0,88 dan Komitmen = 0,24*pelatihan + 0,64*komunikasi + 0,067*tataruang, errorvar = 0,35, R2 = 0,63. The result shows that employee training, internal communication and office layout variable negatively and directly influences the employee performance. But, employee training, internal communication and office layout variable positively influences the organization commitment as intervening variable towards employee performance. Finally, it can be concluded that improving employee performance can be achieved by improving training, internal communication and office layout and by using organization commitment as a main key for employees. It is suggested to Archives and Library is they are expected not to leave the works before training, should get involved in official activities, the office should be arranged based on the existed regulation, the employees should always apply their oaths, and they are expected not to leave the office at office hour.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Pegawai, Komunikasi Internal, Tata Ruang Kantor, Komitmen Organisasi, Kinerja Pegawai Employee Training, Internal Communication, Office Layout, Organization Commitment, Employee Performance.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 22 Mar 2018 13:21
Last Modified: 22 Mar 2018 13:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30460

Actions (login required)

View Item View Item