IMPLEMENTASI ASESMEN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DI TK PEMBINA TRAJI KECAMATAN PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG


Aldila Nurul Aini , 1601410008 (2017) IMPLEMENTASI ASESMEN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DI TK PEMBINA TRAJI KECAMATAN PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601410008.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (344kB) | Preview

Abstract

Asesmen perkembangan anak usia dini merupakan salah satu komponen utama dalam kurikulum 2013. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang baru diterapkan di Indonesia sesuai dengan Permendikbud no. 137 tahun 2014 tentang standar pendidikan anak usia dini dan Permendikbud no. 146 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini. TK Pembina Traji merupakan sekolah yang menjadi pilot project penerapan kurikulum 2013 di kanupaten Temanggung. TK Pembina Traji juga menjadi percontohan untuk TK lain dalam hal implementasi asesmen perkembangan anak usia dini. Oleh karena itu, peneliti merumuskan masalah menjadi 3, yaitu tentang bagaimana asesmen perkembangan anak diimplementasikan di TK Pembina, bagaimana asesmen formal, dan bagaimana asesmen informalnya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut tentang implementasi asesmen perkembangan anak usia dini di TK Pembina, dan mengetahui gambaran mengenai asesmen formal dan informal di TK Pembina Traji. Berdasarkan tujuan penelitian, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan ditentukan dengan teknik purposive sampling dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Asesmen anak usia dini di TK Pembina Traji yang bersifat formal adalah berupa tes terstandar yang dilakukan saat penerimaan siswa baru dan tes psikologis yang bekerjasama dengan lembaga psikologi. Sedangkan Asesmen informal di TK Pembina Traji diimplementasikan dengan teknik sebagai berikut: 1. Catatan anekdot yang merupakan catatan singkat tentang kejadian spesifik yang terjadi secara tiba-tiba, 2.. Time sampling, yang merupakan metode untuk mencatat intensitas perilaku yang muncul dalam waktu tertentu, 3. Checklist dan rating scale yang diimplementasikan dalam format penilaian harian, 4. Portofolio, yang merupakan kumpulan hasil karya anak dalam kurun waktu tertentu, 5. Rapor yang berisi tentang laporan tentang deskripsi perkembangan anak di setiap aspek perkembangan anak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi asesmen perkembangan anak usia dini masih belum optimal. Guru hendaknya lebih mengoptimalkan penerapan asesmen perkembangan anak dan lebih meningkatkan komunikasi dengan orangtua siswa agar lebih mengetahui tentang perilaku anak di rumah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: implementasi, asesmen, anak usia dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > L Education (General) > Development of Child
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2018 13:21
Last Modified: 22 Mar 2018 13:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30459

Actions (login required)

View Item View Item