PENGARUH TERPAAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT ANTI MEROKOK TERHADAP SIKAP PADA PERILAKU MEROKOK


Siti Fatonah , 1511412117 (2017) PENGARUH TERPAAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT ANTI MEROKOK TERHADAP SIKAP PADA PERILAKU MEROKOK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511412117.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (323kB) | Preview

Abstract

Perilaku merokok di kalangan remaja dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu sikap. Sikap seseorang dapat dipengaruhi oleh media massa, seperti melalui iklan sebagai symbolic modelling. Iklan layanan masyarakat (ILM) anti merokok di media massa memberi imbauan serta peringatan bahaya merokok pada perokok aktif maupun pasif, namun meninggalkan kebiasaan merokok menjadi tujuan yang terlalu besar untuk dicapai dalam sekali penayangan iklan tersebut. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh terpaan ILM anti merokok terhadap sikap pada perilaku merokok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari terpaan ILM anti merokok lebih jelas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretestposttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa laki-laki remaja awal (13-16 tahun) di MTs Ma’arif Argopeni yang berjumlah 62 siswa. Melalui teknik purposive random sampling didapat 50 siswa laki-laki remaja awal yang merokok dan tidak merokok. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang berlangsung selama dua kali pertemuan dalam tiga sesi. Sesi pertama pretest, sesi kedua pemberian perlakuan dan pada sesi ketiga adalah pengisian skala posttest. Data penelitian diambil menggunakan skala sikap terhadap perilaku merokok dengan koefisiensi reliabilitas sebesar 0,922 dan 28 aitem yang memiliki besaran nilai validitas 0,394 sampai dengan 0,817. Hasil penelitian diperoleh bahwa, kategori sikap terhadap perilaku merokok pada kelompok kontrol dan eksperimen sebelum diberi perlakuan berada pada kategori sikap positif sangat rendah. Setelah pemberian iklan komersial pada kelompok kontrol ditemukan perubahan sikap dari kategori positif sangat rendah menjadi positif rendah, sedangkan pada kelompok eksperimen yang diberi ILM anti merokok masih pada kategori sikap positif sangat rendah. Terpaan ILM anti merokok tidak efektif dalam memengaruhi sikap terhadap perilaku merokok. Hal itu dilihat dari nilai t hitung= 0,978 dengan signifikansi Sig= 0,333 (p>0,05). Saran bagi pemerintah hendaknya mengoreksi kembali kebijakan yang telah dibuat tentang konsumsi rokok, begitu juga bagi para pengiklan ILM, sebaiknya lebih inovatif dalam menentukan tema iklan persuasif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Iklan layanan masyarakat (ILM) anti merokok, sikap, teori belajar sosial Bandura.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > Smoker
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2018 12:52
Last Modified: 22 Mar 2018 12:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30456

Actions (login required)

View Item View Item