HUBUNGAN ANTARA SAFETY CLIMATE DENGAN SAFETY BEHAVIOR PADA KARYAWAN DEPARTEMEN PRODUKSI PT. PURA BARUTAMA UNIT OFFSET KUDUS


Khoiruz Zadit Taqwa , 1511412080 (2017) HUBUNGAN ANTARA SAFETY CLIMATE DENGAN SAFETY BEHAVIOR PADA KARYAWAN DEPARTEMEN PRODUKSI PT. PURA BARUTAMA UNIT OFFSET KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511412080.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (290kB) | Preview

Abstract

Peran karyawan dalam perusahaan manufaktur idealnya mempunyai perilaku aman dalam bekerjanya. Hal ini dikarenakan tingkat resiko untuk perusahaan manufaktur cenderung tinggi. Namun dalam kenyataan setelah dilakukan studi pendahuluan, peneliti menemukan indikasi adanya masalah safety behavior yang dimiliki oleh karyawan.. Diduga tidak idealnya safety behavior karyawan akibat safety climate yang buruk di perusahaan tersebut. Safety climate merupakan persepsi karyawan terhadap iklim dan keadaan keselamatan kerja di perusahaan. Karyawan yang memiliki safety climate yang baik cenderung akan melakukan safety behavior ketika bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendapatkan gambaran tentang safety climate terhadap safety behavior karyawan 2) menguji hubungan antara safety climate dengan safety behavior. Penelitan ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi. Populasi penelitian ini adalah karyawan departemen produksi PT. Pura Barutama Unit Offset yang berjumlah 728 karyawan dengan sampel sejumlah 198 karyawan departemen produksi dengan level operator. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi, yaitu skala safety climate (38 aitem, α = 0,880) dan skala safety behavior (41 aitem, α = 0,705). Safety behavior yang dimiliki karyawan berada pada kategori tinggi dengan indikator yang berkontribusi besar ialah indikator mengangkat dengan beban yang seharusnya dan menempatkannya di tempat yang seharusnya. Sedangan kondisi safety climate yang dimiliki karyawan berada dalam kategori sedang dengan dimensi yang berperan besar ialah sikap terhadap safety training. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,301 dengan p sebesar 0,000. Nilai p < 0,01 membuktikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara safety climate dengan safety behavior karyawan departemen produksi PT. Pura Barutama Unit Offset Kudus. Adapun dari penelitian ini diperoleh koefisien determinasi penelitian sebesar 0,110. Hasil ini menunjukkan bahwa 11% safety behavior karyawan departemen produksi PT. Pura Barutama Unit Offset dipengaruhi oleh safety climate karyawan dan sisanya sebesar 89% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terungkap dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: safety climate, safety behavior, karyawan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management > Safety Behavior
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2018 12:13
Last Modified: 22 Mar 2018 12:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30453

Actions (login required)

View Item View Item