Hubungan Kualitas Manajemen Waktu dan Work Family Balance pada Pekerja Wanita yang Sudah Menikah di PT. Sai Apparel Industries Semarang


Muhammad Afiz Maulana , 1511412079 (2017) Hubungan Kualitas Manajemen Waktu dan Work Family Balance pada Pekerja Wanita yang Sudah Menikah di PT. Sai Apparel Industries Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511412079.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (320kB) | Preview

Abstract

Bagi sebagian orang menjadi seorang ibu rumah tangga yang juga bekerja adalah sebuah fenomena yang biasa dijumpai pada zaman sekarang ini. Hal tersebut dilakukan untuk membantu perekonomian keluarga, selain itu aktivitas bekerja juga sebagai ajang aktualisasi diri bagi wanita. Terlepas dari hal apa yang melatar belakangi wanita bekerja, ada konsekuensi yang harus dijalani oleh pekerja wanita. Konsekuensi tersebut adalah adanya secondshift yang harus dijalani oleh pekerja wanita. Keadaan secondshift ini berpotensi menimbulkan role overload. Akibatnya akan timbul konflik apabila tidak dapat menyeimbangkan kedua peran. Dibutuhkan sebuah strategi untuk menyeimbngkan setiap aktivitas agar semua pekerjaan bisa berjalan dengan baik. Work family balance adalah derajat atau tingkat ketercapaian keseimbangan pada peran pekerjaan dan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui gambaran kualitas manajemen waktu pekerja wanita, 2) gambaran work family balance pekerja wanita, 3) mengetahui hubungan kualitas manajemen waktu dan work family balance pada pekerja wanita yang sudah menikah di PT. Sai Apparel Industries Semarang. Penelitian ini dilakukan pada 183 orang pekerja wanita PT. Sai Apparel Industries bagian produksi. Sampel dimbil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi, yaitu skala work family balance (30 aitem valid) dan skala kualitas manajemen waktu (26 aitem valid). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran kualitas manajemen waktu dan work family balance pekerja wanita berada pada kategori sedang. Koefisien korelasi rxy = -0,109 dengan p = 0,140 (p>0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu “ada hubungan antara kualitas manajemen waktu dan work family balance pada pekerja wanita yang sudah menikah di PT. Sai Apparel Industries Semarang” ditolak. Ditolaknya hipotesis penelitian ini diduga disebabkan karena padatnya jam kerja dan sistem kerja yang berkesinambungan. Sebaik apapun kualitas manajemen waktu apabila sebagian besar waktunya telah tersita untuk pekerjaan maka tetap akan sulit untuk mengatur waktu guna menjalankan tugas lainnya. Sehingga mencapai keseimbangan untuk keluarga dan pekerjaan juga akan sulit.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Manajemen Waktu, Work family balance, Pekerja Wanita.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Female Worker
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2018 12:00
Last Modified: 22 Mar 2018 12:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30452

Actions (login required)

View Item View Item