STUDI DESKRIPTIF RESISTANCE TO CHANGE TERKAIT KEBIJAKAN SERTIFIKASI PENDIDIK PADA GURU SD NEGERI DI KABUPATEN REMBANG


Nurul Alfianita , 1511412039 (2017) STUDI DESKRIPTIF RESISTANCE TO CHANGE TERKAIT KEBIJAKAN SERTIFIKASI PENDIDIK PADA GURU SD NEGERI DI KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511412039.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (268kB) | Preview

Abstract

Guru menerapkan keahlian yang harus memenuhi standar mutu atau norma tertentu yang diperolehnya melalui pendidikan profesi. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam meningkatkan mutu dibidang pendidikan bagi pendidik (guru) adalah pemberian sertifikasi pendidik. Adanya kebijakan baru terkait keprofesian guru menimbulkan dua reaksi berbeda, ada yang menerima dan ada pula yang menentang. Nampak kurangnya pemahaman mengenai maksud adanya syarat-syarat yang harus di jalani untuk mendapatkan sertifikasi. Sehingga membuat responden menganggap bahwa melakukan syarat-syarat yang ditentukan itu merupakan hal yang memberatkan. Dari hal itu memunculkan kesan bahwa guru menganggap sertifikasi sebagai tujuan, padahal sertifikasi hanyalah sarana untuk mencapai tujuan. Penentangan terhadap perubahan ini dinamakan Resistance to Change (RTC), resistance to change adalah kecenderungan individu untuk menghindari atau menolak adanya perubahan yang dimunculkan dalam bentuk emosional/tingkah laku melalui serangkaian respon negatif terhadap perubahan Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui deskripsi resistance to change guru SD Negeri di Kabupaten Rembang yang telah mengikuti program sertifikasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling cluster random. Data penelitian diambil dengan menggunakan skala RTC berdasarkan dimensi-dimensi RTC yang terdiri atas 46 aitem. Secara umum penilaian RTC pada guru SD Negeri di Kab. Rembang tergolong sedang, sebesar 88,66%. Sementara itu mean empiris sebesar 148.67 yang ditempatkan pada kategorisasi secara teoritik berada pada kategori sedang, yaitu pada interval skor 105,7 ≤ x < 170,3. Dari hasil tersebut dapat simpulkan subyek penelitian menganggap perubahan yang dilakukan atau adanya kebijakan baru yang ditetapkan itu membuat ketidak nyamanan bagi individu yang terlibat didalamnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Resistance to change (RTC), sertifikasi pendidik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LC Special aspects of education > Educational Certification
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2018 11:55
Last Modified: 22 Mar 2018 11:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30451

Actions (login required)

View Item View Item