EFEKTIVITAS FILM PENDEK YANG BERJUDUL “LE PASSE TEMPS” DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA PRANCIS KELAS XII DI SMA NEGERI 1 BREBES


Joko Prasetyo , 2301412033 (2017) EFEKTIVITAS FILM PENDEK YANG BERJUDUL “LE PASSE TEMPS” DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA PRANCIS KELAS XII DI SMA NEGERI 1 BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2301412033.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (630kB) | Preview

Abstract

Peran pendidik sebagai penyampai informasi diharapkan dapat menggunakan inovasi pembelajaran di dalam kelas. Penggunaan media pembelajaran salah satu cara memberikan inovasi dalam pembelajaran agar dapat menarik perhatian siswa. Media juga dapat memberikan contoh yang nyata, dan mengatasi keterbatasan waktu dalam penyampaian materi pembelajaran. Di SMAN 1 Brebes guru memberikan porsi pembelajaran berbicara sebesar 20% setiap minggunya. Selain porsi pembelajaran yang sedikit, guru hanya mengandalkan media audio penutur asli yang kecepatan berbicaranya lebih cepat dengan situasi yang kental dengan budaya Prancis. Film pendek merupakan salahsatu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Prancis. Penelitian ini menggunakan media film pendek yang disesuaikan dengan pembelajar Indonesia. Untuk itu diujikan media film pendek untuk menunjang kompetensi berbicara siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji keefektifan media film pendek pada keterampilan berbicara bahasa Prancis siswa kelas XII SMA N 1 Brebes dan mengetahui besarnya pembelajaran yang diserap oleh siswa kelas XII SMA N 1 Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Penelitian ini menggunakan validitas isi. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 2 SMA N 1 Brebes. Tingkat kepercayaan instrumen diukur menggunakan rumus korelasi product-moment. Setelah data terkumpul selanjutnya data diolah dengan menggunakan rumus t-test dan untuk mengetahui besarnya pembelajaran yang di serap siswa maka data diolah menggunakan rumus effect-size. Penelitian ini menghasilkan peningkatan kemampuan berbicara bahasa Prancis siswa SMA N 1 Brebes. Hasil t-test menunjukkan perbedaan yang signifikan bahwa thit>ttab yaitu 13,7984>2,04. Dengan demikian maka pembelaaran dengan menggunakan media film pendek efektif meningkatkan keterampilan berbicara. Penghitungan menggunakan effect size juga menunjukkan bahwa media film pendek efektif meningkatkan pemahaman siswa dengan hasil yang besar (>0,8) yakni 2,16.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: berbicara, film pendek, media pembelajaran,
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PB Modern European Languages
P Language and Literature > PB Modern European Languages > PB1501 Gaelic (Scottish Gaelic, Erse)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 22 Mar 2018 10:36
Last Modified: 22 Mar 2018 10:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30447

Actions (login required)

View Item View Item