MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI STRATEGI EXPERIENTIAL MARKETING, KUALITAS LAYANAN, DAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Pelanggan Kantor Pos Besar Semarang)


ULFA NURJANAH , 7311413082 (2017) MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI STRATEGI EXPERIENTIAL MARKETING, KUALITAS LAYANAN, DAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Pelanggan Kantor Pos Besar Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413082.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (684kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dalam bisnis di Indonesia membawa dampak yang cukup besar pada berbagai bidang, salah satunya bidang ekonomi. Bisnis berbasis online semakin marak dari tahun ke tahun, jual beli jarak jauh membuka peluang bagi jasa pengiriman di Indonesia. Perusahaan jasa pengiriman dituntut untuk selalu berupaya dalam meningkatkan market share, dengan cara membuat pelanggan menjadi loyal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh experiential marketing, kualitas layanan, dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan PT POS Indonesia (Persero) Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 160 responden dengan teknik incidental sampling. Metode pengumpulan data melalui kuesioner dan studi pustaka. Analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) melalui program IBM SPSS Amos 21. Hasil penelitian dengan analisis SEM, menunjukkan bahwa model dalam penelitian ini dengan variabel Experiential Marketing, Kualitas Layanan, Kepuasan, dan Loyalitas Pelanggan dapat diterima secara fit atau baik sesuai dengan kriteria Goodness of fit index. Terdapat 6 hipotesis penelitian, dengan hasil analisis yang menunjukkan sebanyak 3 hipotesis diterima (p<0.05), dan 3 hipotesis ditolak (p>0.05). Simpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa semakin tinggi kepuasan pelanggan, maka semakin tinggi pula tingkat loyalitas. Salah satu faktor yang mempengaruhi Loyalitas Pelanggan adalah Experiential Marketing. Hal ini berarti Experiential Marketing yang diterapkan PT POS Indonesia (Persero) Semarang sudah baik. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah agar dapat meneliti variabel lain yang dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Experiential Marketing, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, dan Loyalitas.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Jun 2019 14:05
Last Modified: 19 Jun 2019 14:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30445

Actions (login required)

View Item View Item